Bagaimana Cara Menggunakan Brake Cleaner Untuk Cakram Motor? Ini Penjelasannya

Cara menggunakan brake cleaner-Perawatan dibagian rem motor tidak sekedar membersihkan pakai amplas lalu disemprot angin. Dalam buku pedoman perawatan rem motor, disebutkan bahwa penggunaan brake cleaner cukup diperlukan. Sebagaimana diketahui, fungsi brake cleaner adalah membersihkan pasir atau kotoran yang menempel di bagian tromol/cakram motor.

Sewaktu motor melewati jalanan yang tergenang air, pasir atau kotoran secara otomatis lengket dibagian cakram maupun tromol roda motor. Jika dibiarkan terlalu lama, akhirnya karat akan timbul. Saat karat mulai menyebar, maka komponen-komponen yang ada di roda mulai rusak secara perlahan.

Bagaimana cara menggunakan brake cleaner? Untuk kampas rem, lepaskan terlebih dahulu tapak rem. Semprot tapaknya dengan brake cleaner, kemudian gosok tapaknya dengan menggunakan amplas(kertas pasir). Pastikan semua pasir dan endapan kotoran telah terlepas dari tapak rem.

Untuk yang tromol, pada dasarnya prinsip pengerjaannya sama namun waktunya sedikit lebih lama. Pertama-tama lepaskan terlebih dahulu pelek motor. Kemudian buka tromol, semprotkan brake cleaner di semua sisi tromol. Lalu gosok tromol dengan amplas yang tidak terlalu kasar. Setelah tromol cukup bersih, pasang kembali tromol beserta perangkatnya.

Apa saja yang dihasilkan setelah menggunakan brake cleaner? Saat mengerem terasa lebih pakem, tidak lagi merasakan getaran hebat dan waktu pergantian kampas rem lebih lama. Maka, upayakan untuk selalu menggunakan brake pad cleaner saat membersihkan roda.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menggunakan Brake Cleaner Untuk Cakram Motor? Ini Penjelasannya"