Bebas Masalah Saat Beli Ponsel, Ini Cara Mengecek IMEI iPhone

Cara mengecek IMEI iPhone-Saat membeli ponsel iPhone, entah itu bekas atau baru, tidak boleh asal-asalan. Harus ada pengecekan lebih teliti, khususnya di bagian IMEI. Apa itu IMEI? IMEI adalah nomor khusus yang diberikan untuk identifikasi suatu ponsel. Jadi, berdasarkan nomor IMEI, akan terlihat apakah ponsel tersebut merupakan keluaran original atau barang gelap.

Tujuannya tersematnya nomor IMEI ternyata untuk mencegah peredaran barang panas(black market). Ya, untuk itu sudah jadi suatu keharusan untuk melakukan pengecekan IMEI saat membeli ponsel. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara mengecek IMEI iPhone. 

Cara mengecek IMEI iPhone  

1. Body belakang ponsel

Cara pertama yang cukup mudah untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan melihat body belakang HP. Posisinya terletak dibagian bawah. Dibagian itu akan terlihat beberapa info yang sangat krusial seperti nama perangkat dan lokasi perakitan ponsel. Yang paling penting, nomor IMEI juga terlihat jelas.

2. Setting ponsel

Cara kedua yaitu dengan melihat pengaturan ponsel. Pertama-tama masuk ke menu general lalu klik about. Setelahnya akan muncul notifikasi informasi di ponsel. Salah satunya adalah nomor IMEI beserta angka dan huruf. Agar tidak perlu bolak balik liat pengaturan, screenshoot saja imeinya.

3. Kode USSD

Cara praktis berikutnya yaitu melalui kode USSD. Caranya dengan menekan *#06# melalui menu dialer. Apakah cara ini hanya terbatas pada ponsel iPhone saja? tidak, ponsel pintar lainnya juga bisa dan mampu menggunakan cara praktis ini. Setelahnya akan muncul nomor IMEI.

4. Lewat web kemenperin

Coba cara terakhir ini. Buka laman web http://www.imei.kemenperin.go.id/, kemudian masukkan nomor IMEI pada kolom iPhone. Lalu lihat apakah ponsel yang dibeli memang terdaftar di kementerian perindustrian. Jangan sampai lupa, cek juga kesesuaian data.

Posting Komentar untuk "Bebas Masalah Saat Beli Ponsel, Ini Cara Mengecek IMEI iPhone"