Bisakah Motor Lawas Menggunakan Oli Full Sintetis? Ini Analisanya

Oli mesin masih jadi kebutuhan primer untuk perawatan berkala sepeda motor. Namun pergantian oli mesin tidak boleh sembarangan, harus tahu jenis oli dan spesifikasinya. Kemudian harus mempertimbangkan faktor umur kendaraan. Setelah syarat-syarat itu terpenuhi, maka oli mesin sudah bisa diganti. 

Kadang timbul pertanyaan, bisakah motor lawas menggunakan oli full sintetis? Nah, berdasarkan pengalaman beberapa teknisi di bengkel, hampir semuanya menyarankan agar motor lawas memakai oli semi sintetis. Alasannya adalah motor lawas bermesin karburator memliki kompresi yang tidak terlalu tinggi.

Pada prakteknya, motor lawas memang menggunakan oli yang cukup kental. Penyebabnya adalah lamanya mobilitas mesin. Sedangkan, motor baru biasanya menggunakan oli full sintetis yang notabenenya lebih encer. Ini karena cara kerja mesin motor baru diklaim lebih ringan dan efisien.

Beberapa contoh oli mesin yang bisa digunakan untuk motor lawas adalah Shell Advance, AHM Oil dan Evalube 4T Runner. Pabrikan-pabrikan oli mesin terkemuka tentunya sudah melakukan pengujian secara seksama sehingga oli-oli ini telah memenuhi syarat untuk dipasarkan.

Jadi kesimpulannya, ganti oli yang sesuai dengan karakter mesinnya. Jangan menganggap setiap oli cocok untuk dimasukkan ke ruang mesin. Perhatikan teknologi dan spesifikasi yang ditawarkan, agar kemudian tidak terjadi kerusakan mesin di belakangan hari.

Posting Komentar untuk "Bisakah Motor Lawas Menggunakan Oli Full Sintetis? Ini Analisanya"