Cara Memilih Oli Mesin Mobil Yang Berstandar Tinggi

Cara memilih oli mesin mobil-Beberapa orang dewasa ini masih bingung memilih oli mesin yang tepat untuk kendaraan mereka. Ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang oli mesin dan spesifikasi yang cocok dengan kendaraan yang digunakan. Akibatnya, mesin mobil alami banyak masalah hingga kinerjanya melempem.

Memilih oli mesin yang tepat tidaklah mudah. Selain kurangnya pemahaman, sekarang ini banyak bersliweran oli mesin palsu yang tentunya bisa membahayakan mesin. Jadi sangat disarankan agak jeli memilih oli mesin. Nah, bagaimana cara memilih oli mesin yang benar? Ini ulasannya.

Cara memilih oli mesin mobil

1. SAE oli mesin

Salah satu cara bagus memilih oli mesin adalah dengan melihat kekentalan pelumasnya. Dalam dunia otomotif, tingkat kekentalan pelumas biasa disingkat SAE. Perhatikan dengan baik, mobil yang sedang digunakan, apakah cocok menggunakan oli yang encer, sedang atau kental. Cara melihatnya dengan mencari di search engine google atau langsung mengunjungi website terkait.

2. Sesuaikan dengan spesifikasi mobil

Sebelum menentukan oli mesin apa yang akan digunakan, perhatikan dahulu spesifikasi mobil dengan baik. Contohnya, jika mobil dipersenjatai mesin 2400 CC untuk tahun 2021-2022, maka oli yang harus digunakan harus SAE 0W-20. Untuk mobil lawas, bisa menggunakan oli mesin SAE 10W-40 atau 15W-40.

3. Sertifikasi Pelumas

Satu bagian lain yang tak kalah penting adalah memerhatikan sertifikasi pelumas, apakah sudah termasuk standar yang paling bagus atau belum. Sebagai contoh, beberapa pabrikan mobil ternama didunia telah dibekali sertifikasi dari API Service (American Petroleum Standard).

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Oli Mesin Mobil Yang Berstandar Tinggi"