Ini Dampak Negatif Oli Transmisi Matic Mobil Kurang

Dampak oli transmisi matic mobil kurang-Selain mesin, sistem transmisi merupakan bagian yang sangat penting pada kendaraan roda empat. Sistem ini berkaitan erat dengan kinerja dan laju kendaraan setiap harinya. Memang, itu beneran nyata sekarang ini, kebanyakan mobil baru sekarang ini dibuat bertransmisi matic(AT). 

Nah, perawatan untuk mobil bertransmisi matic termasuk juga mengisi oli matic saat kendaraan mulai bermasalah. Apakah pengisiannya harus menurut takaran yang ditentukan? ya jelas sekali. Namun, apa yang terjadi kalau oli transmisi matic mobil kurang?

Dampak oli transmisi matic mobil kurang

1. Temperatur berlebihan pada transmisi

Sama halnya dengan oli mesin, bagian transmisi akan alami panas berlebihan jika oli maticnya kurang. Seperti diketahui, pada bagian transmisi matic, ada beberapa bagian disk dan clutch maupun roda gigi yang mebutuhkan pelumas yang cukup. Saat itu tidak terpenuhi, gesekan antar komponen akan memuncak sehingga menimbulkan panas berlebih.

2. Tersendat saat perpindahan prseneling

Masalah ini sering terjadi pada kendaraan bertransmisi matic. Saat terjadi perpindahan prseneling, terjadi sendatan yang tidak biasa. Itu terjadi karena kekurangan pelumas. Pelumas aatau oli matic memang cukup aktif membantu sistem perpindahan prseneling di mobil.

3. Terdengar bunyi

Hal yang umum terjadi saat mobil kekurangan oli matic adalah adanya bunyi aneh terdengar dari bagian transmisi. Saat cairan oli matic tidak cukup, maka gesekan antar komponen akan menimbulkan bunyi kretek kretek. Ini tentunya membuat pengendara merasa tidak nyaman saat berkendara.

4. Tuas transmisi pindah ke posisi netral

Satu hal yang cukup mengejutkan adalah tiba-tiba tuas pindah ke posisi netral. Padahal pengendara tidak mengarahkan tuas ke posisi netral. Kemungkinan besar, kurangnya oli matic memengaruhi sensor perpindahan prseneling. Sensor ini tidak lagi sensitif mengikuti perintah dari tuas prseneling.

Posting Komentar untuk "Ini Dampak Negatif Oli Transmisi Matic Mobil Kurang"