Ini Penyebab Kipas Radiator Terus Menyala Saat Mesin Dalam Keadaan Mati

Penyebab kipas radiator terus menyala-Kipas radiator adalah salah satu komponen penting yang memengaruhi kinerja mobil. Temperatur mesin dan radiator yang berlebihan bisa distabilkan karena adanya kipas radiator. Jadi komponen ini memang sangat membantu agar mesin tidak overheat.

Namun, kadangkala kipas radiator bisa berputar terus padahal mesin tidak lagi menyala. Tentu saja masalah seperti ini cukup membingungkan dan bisa buat panik. Apa saja yang menyebabkan kipas radiator terus menyala? Perhatikan penjelasannya berikut ini.

Penyebab kipas radiator terus menyala

1. Sensor ECT bermasalah

Ukuran sensor ECT tidak terlalu besar tapi pengaruhnya ternyata cukup besar bagi kinerja kipas radiator. Saat sensor ECT bermasalah, maka ada arus yang akan datang ke module unit mobil. Akibat mengira arus tersebut adalah perubahan suhu menjadi lebih panas, maka Module unit akan memerintahkan kipas radiator terus berputar.

2. Dinamo kipas radiator alami trouble

Secara garis besarnya, kipas radiator terdiri dari tiga bagian. Yang pertama adalah dudukan kipas radiator, yang kedua adalah fan kipas radiator dan yang terakhir adalah dinamo kipas radiator. Jika terjadi trouble di bagian dinamo kipas, maka ada dua kemungkinan yang akan terjadi, yang pertama yaitu fan kipas tetap menyala, yang kedua yaitu semua bagian kipas radiator berhenti berfungsi.

3. Relay fan radiator rusak

Jika tidak ada masalah pada bagian sensor ECT dan dinamo kipas radiator, maka kemungkinan pangkal masalahnya berada di bagian relay fan radiator. Dalam sistem elektrikal mobil teranyar, relay fan radiator berada satu wadah dengan relay-relay lainnya yang mendukung kinerja elektrikal mobil. Jadi kalau ada masalah di bagian relay, disarankan segera menggantinya dengan yang baru.

Posting Komentar untuk "Ini Penyebab Kipas Radiator Terus Menyala Saat Mesin Dalam Keadaan Mati"