Jangan Panik, Ini Penyebab Bola Lampu Mobil Tiba-tiba Putus

Penyebab bola lampu mobil tiba-tiba putus-Pencahayaan mobil harus benar-benar maksimal saat berkendara dimalam hari. Tapi masalah akan muncul jika bola lampu depan dan belakang tiba-tiba putus, sudah pasti perjalanan terganggu. Bahkan kemungkinan terburuknya, kecelakaan fatal pasti terjadi.

Jika bola lampu mati, pasti anda kecewa. Kenapa bola lampu mobil tiba-tiba putus? Pertanyaan seperti ini juga kerap ditanyakan pengendara yang berkendara dimalam hari. Penyebabnya sih bermacam-macam ya. Tak usah berlama-lama lagi, perhatikan keterangannya berikut ini. 

Penyebab bola lampu mobil tiba-tiba putus

1. Sistem kelistrikan bermasalah

Bagian pertama yang patut dicurigai adalah sistem kelistrikan yang tersemat di mobil. Saat bola lampu kelebihan menerima arus dari yang semestinya, maka bola lampu akan cepat putus. Namun, sebelum putus, biasanya kabel atau soket lampu akan meleleh.

2. Soket lampu tidak terpasang sempurna

Komponen yang juga diklaim jadi penyebabnya yaitu soket lampu. Kadang, saat soket lampu terpasang tapi tidak sempurna, bola lampunya masih bisa hidup. Namun, lama-kelamaan bola lampu akan putus juga, karena arus bola lampu yang masuk tidak sesuai atau berkurang.

3. Kabel dan soket basah

Pemeriksaan juga perlu dilakukan dibagin soket dan kabel. Jika soket dan kabel basah, maka korsleting tidak bisa dihindari, akibatnya bola lampu akan langsung putus. Seperti diketahui kelembaban yang berlebihan bisa menghalangi proses masuknya arus listrik ke bola lampu.

Posting Komentar untuk "Jangan Panik, Ini Penyebab Bola Lampu Mobil Tiba-tiba Putus"