Kenapa Rem Mobil Terkunci Tiba-tiba? Ini Penyebabnya

Kenapa rem mobil terkunci-Sistem pengereman harus jadi perhatian utama setiap pengendara. Tak bisa dipungkiri, sistem pengereman berhubungan erat dengan keselamatan berkendara. Oleh karena itu, rem beserta perangkat-perangkat yang terkait dengannya harus selalu dirawat.

Namun, ada saja hal-hal yang tidak terduga bisa terjadi di jalan raya. Salah satunya adalah rem bisa terkunci tiba-tiba. Tentu saja keadaan seperti itu bisa membahayakan pengemudi dan semua penumpang. Kenapa rem mobil terkunci tiba-tiba? berikut ini penjelasannya. 

Penyebab rem mobil terkunci

1. Kanvas rem basah

Salah satu penyebab yang cukup umum rem mobil bisa terkunci yaitu kanvas rem basah. Perhatikan mobil yang melewati area banjir, setelahnya kanvas rem akan basah dan lembab. Nah, ketika mobil tidak dikendarai dalam waktu yang lama, rem mobil bisa terkunci.

2. Mobil jarang digunakan

Semakin sering mobil digunakan, kinerja rem juga pasti akan semakin bagus. Namun jika mobil jarang digunakan, sudah pasti rem dan komponen yang terkait, bisa terkunci. Penurunan kualitas brake fluid juga disinyalir bisa mengakibatkan rem lebih sulit digerakkan.

3. Pemasangan rem terlalu ketat

Kenapa rem mobil tiba-tiba terkunci? Bisa jadi karena pemasangannya terlalu rapat. Harusnya saat melakukan pergantian kanvas rem, jangan terlalu presisi. Pada umumnya harus ada jeda atau ruang sedikit, agar memudahkan pergerakan rem beserta komponen lain yang berhubungan.

4. Terdapat karat

Penyebab yang juga sering dijumpai yaitu adanya karat di sekitar kaliper dan kanvas rem. Karena karat bisa menyebar dengan cepat, kaliper rem juga bisa berkarat. Akibatnya, pada waktu mesin mobil dinyalakan, mobil kesulitan bergerak karena remnya terkunci.

Posting Komentar untuk "Kenapa Rem Mobil Terkunci Tiba-tiba? Ini Penyebabnya"