Tetap Waspada Saat Berkendara, Ini Tips Aman Menyetir Mobil Saat Hujan

Tips aman menyetir mobil saat hujan-Hujan yang cukup deras mulai melanda sebagian besar daerah di Indonesia. Untuk itu, pengendara harus lebih berhati-hati saat berkendara di lintasan basah. Salah perhitungan sedikit, kecelakaan yang tidak diinginkan bisa terjadi dalam hitungan detik.

Sudah semestinya setiap pengendara harus memprioritaskan keselamatan bukan kepentingan diri sendiri. Maka, sebagai pengendara anda harus memahami bagaimana sebenarnya cara yang paling aman menyetir mobil khususnya saat hujan dan lintasannya basah.

Tips aman menyetir mobil saat hujan

1. Cek kondisi lampu dan wifer

Sebelum berkendara selalu pastikan kondisi lampu dan wifer dalam keadaan baik. Saat berkendara gunakan lampu depan, agar jalanan di depan cukup jelas terlihat. Demikian pula, penggunaan wifer harus lebih dioptimalkan agar pandangan dari tidak kabur saat berkendara.

2. Memerhatikan batas kecepatan

Saat memacu kendaraan di jalanan, jangan langsung berkendara dengan kecepatan tinggi. Sangat disarankan untuk tetap berkendara di kecepatan normal yaitu 40-50 km/jam. Dengan menjalankan petunjuk ini, maka bisa dipastikan berkendara tetap aman.

3. Menjaga jarak 

Kondisi lintasan yang basah dan licin pasti sangat berbahaya. Untuk itu jarak antar kendaraan harus cukup jauh agar meminimalisir tabrakan beruntun. Paling tidak, jarak antara kendaraan haruslah 15-20 meter. Saat mengerem mendadak, mobil masih bisa dikendalikan dengan baik.

4. Hindari menyalip terburu-buru

Satu hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah menyalip kendaraan di depan dengan terburu-buru. Beberapa hal yang bisa terjadi karena terburu-buru menyalip yaitu ban tiba-tiba slip, mobil tergelincir dan tiba-tiba meluncur ke arah yang berbeda.

Posting Komentar untuk "Tetap Waspada Saat Berkendara, Ini Tips Aman Menyetir Mobil Saat Hujan"