Tips Dan Cara Mencegah Rasa Ngantuk Saat Berkendara di Jalan Tol

Cara mencegah rasa ngantuk saat berkendara-Kecelakaan parah di jalan tol bisa terjadi dalam hitungan detik. Penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena mengantuk atau belum terlalu menguasai medan yang dilalui. Namun, berdasarkan data yang dihimpun dari beberapa kecelakaan yang terjadi, hampir semuanya terjadi karena rasa ngantuk yang dialami saat berkendara.

Sudah seharusnya kondisi tubuh berada dalam keadaan fit saat berkendara di jalan tol. Hal ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Untuk itu, ada beberapa tips dan cara mencegah rasa ngantuk saat berkendara. Perhatikan dengan seksama ulasannya berikut ini.

Cara mencegah rasa ngantuk saat berkendara

1. Jangan terlalu kenyang

Mengonsumsi makanan sebelum berkendara di jalan tol memang penting, tapi jangan terlalu kenyang. Kenapa? biasanya orang yang makan terlalu kenyang cenderung mengantuk di tengah-tengah perjalanan. Kondisi ini jelas sangat berbahaya, khususnya buat pengemudi.

2. Beristirahat sebelum berangkat

Agar kondisi tubuh tetap bugar sewaktu melakukan perjalanan, disarankan untuk beristirahat sebelum berkendara di jalan tol. Supaya optimal, beristirahatlah 7-8 jam dimulai dari malam sebelumnya. Bisa dipastikan tubuh jadi lebih fit dan bereaksi lebih tanggap ketika ada yang terjadi di jalan tol.

3. Denger musik

Saat semua penumpang tertidur, pasti pengemudi bisa mengantuk bahkan tertidur juga. Jika sudah seperti itu, ada baiknya untuk menyetel musik saja. Musik yang dipilih juga harus energik, membangkitkan semangat. Bukan lagu melow yang membuat pengemudi jadi makin ngantuk.

4. Minum kopi

Salah satu cara yang cukup bagus agar tetap terjaga saat berkendara adalah dengan meminum kopi. Namun harus diingat, jangan terlalu banyak meminum kopi karena sepanjang hari bisa terjaga. Kondisi ini malah membuat energi makin terkuras, hingga akhirnya lami kelelahan parah.

Posting Komentar untuk "Tips Dan Cara Mencegah Rasa Ngantuk Saat Berkendara di Jalan Tol"