Utamakan Keselamatan Berkendara, Ini Cara Memasang Sabuk Pengaman Yang Benar

Cara memasang sabuk pengaman yang benar-Seat belt atau sabuk pengaman merupakan perangkat keselamatan yang cukup penting di bagian interior mobil. Saat terjadi guncangan yang cukup keras, safety belt yang menahan tubuh pengendara maupun penumpang tidak terlempar jauh dari posisi duduk yang semula.

Namun, tidak semua pengendara menyadari pentingnya menggunakan safety belt atau sabuk pengaman saat berkendara. Akibatnya ketika kecelakaan yang cukup parah terjadi, kematian tidak bisa terhindarkan. Bagaimana sebenarnya cara memasang sabuk pengaman yang benar? Berikut ini ulasannya.

Cara memasang sabuk pengaman yang benar

1. Duduk tegak

Saat mengikatkan sabuk pengaman, posisi duduk harus diperhatikan. Upayakan untuk duduk tegak agar safety belt atau sabuk pengaman bisa dikunci dengan ketat. Posisi bangku yang baik juga akan memengaruhi seberapa besar sabuk pengaman bisa melindungi pegendara dan penumpang saat terjadi insiden.

2. Sabuk pengaman jangan terlipat

Perhatikan tali sabuk pengaman apakah terlipat atau tidak. Jika sabuk pengaman terlipat itu bisa membahayakan anda karena sulit dibuka sesaat setelah insiden terjadi. Kemudian lihat juga tali sabuk pengamannya, apakah sudah terlalu longgar yang merupakan tanda kerusakan telah terjadi.

3. Posisi tali sabuk pengaman

Untuk bagian atas, tali sabuk pengaman harus berada di posisi pundak kanan menyilang ke arah kiri. Kemudian untuk bagian bawah, harus melingkar seperti tali pinggang yang biasa digunakan. Posisi tali memang dirancang untuk menahan tubuh terlempar dari posisi ketika ada insiden.

4. Sabuk pengaman terkunci

Saat posisi tali sabuk pengaman sudah tepat, jangan lupa untuk mengunci sabuk pengaman. Posisi penguncinya berada di bagian perut. Harus diingat, pastikan sabuk pengaman atau safety belt telah terikat cukup kencang, kemudian kunci sabuk pengaman. Lalu coba tarik dengan tangan, jika cukup ketat, berarti posisi anda sudah terlindungi.

Posting Komentar untuk "Utamakan Keselamatan Berkendara, Ini Cara Memasang Sabuk Pengaman Yang Benar"