Apa Saja Alat-alat Yang Diperlukan Untuk Membuka Ban Mobil? Ini Penjelasannya

Saat ada kejadian yang tidak terduga seperti pecah atau bocor ban di perjalanan, pasti kepanikan langsung melanda pengemudi dan penumpang di dalam mobil. Tapi disarankan jangan langsung panik.  Jika itu memang terjadi, tetap tenang dan siapkan dengan segera alat-alat yang diperlukan untuk membuka ban mobil.

Memang, proses membuka ban mobil agak memakan waktu. Tapi jika alat-alat sudah lengkap ditambah pemahaman cara membongkarnya sudah mumpuni, maka proses membuka ban bisa hanya dalam hitungan menit. Nah, apa saja alat-alat yang diperlukan untuk membuka ban mobil?

Alat-alat untuk buka ban mobil

1. Kunci roda(ban)

Untuk membuka ban, alat pertama yang harus tersedia adalah kunci roda. Bentuk kunci roda bisa bermacam-macam, ada yang berbentuk huruf L, ada juga yang berbentuk tanda tambah. Tapi kebanyakan pengendara lebih memilih yang berbentuk L, selain praktis juga tidak memakan tempat saat disusun. Kunci roda berfungsi untuk membuka mur yang lengket ke baut roda. Caranya putar kunci roda yang sudah dilengketkan ke mur roda searah jarum jam, secara otomatis semua mur akan terlepas satu-persatu.

2. Dongkrak mobil

Alat berikutnya yang tidak bisa dikesampingkan adalah dongkrak mobil. Untuk membuka ban, posisi mobil harus dinaikkan terlebih dahulu. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan dongkrak. Taruh dongkrak pada seksi lintang bagian kanan mobil, kemudian secara perlahan putar dongkrak. Nah, beberapa menit kemudian, posisi mobil sudah agak tinggi dari permukaan tanah. Selanjutnya buka ban mobil.

3. Kain lap

Saat membuka ban mobil, upayakan jangan dengan tangan kosong. Gunakan lap kotor pada tangan, kemudian angkat ban yang sudah dibuka. Pindahkan posisinya ke bagasi mobil, sambil mengambil ban cadangan di bagasi mobil. Kain lap juga berguna untuk membuka mur yang biasanya cukup panas setelah berkendara jauh.

4. Brake pad cleaner

Alat terakhir yang bisa juga digunakan adalah BPC(brake pad cleaner). Bisa jadi karena ban mobil sudah terlalu lama tidak dibuka, mur cukup sulit dipisahkan dari baut roda. Untuk mengatasinya, coba semprotkan cairan BPC secukupnya lalu tunggu sebentar. Kemudian gunakan kunci roda untuk membuka mur roda. Besar kemungkinan mur roda bisa dilepas.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Alat-alat Yang Diperlukan Untuk Membuka Ban Mobil? Ini Penjelasannya"