Berapa Lama Jangka Waktu Pergantian Oli Mesin Mobil? Ini Jawabannya

Performa dan kinerja mesin yang bagus bisa didapatkan jika mobil secara rutin mendapatkan perawatan di bengkel. Satu hal yang tak boleh dilupakan sewaktu melakukan perawatan bagian mesin adalah mengganti oli mesin. Ini tak bisa ditawar-tawar lagi, oli mesin memang harus diganti jika sudah sampai waktunya.

Beberapa pengendara masih kesulitan memahami jangka waktu pergantian oli mesin. Bahkan, ada pemilik mobil yang berkali-kali bertanya soal ini. Akibat kurangnya pemahaman, akhirnya beberapa pemilik mobil selalu telat melakukan pergantian oli mesin. Lalu, berapa lama jangka waktu pergantian oli mesin mobil?

Memang, jika dilihat berdasarkan buku pedoman servis yang ada di bengkel, jangka waktu pergantian oli mesin biasanya mengikuti hitungan kilometer. Ini bisa dilihat di indikator panel speedometer yang terdapat di belakang setir kemudi. Biasanya perhitungannya adalah per 5.000-10.000 km, sudah harus mengganti oli mesin.

Perhitungan seperti itu bisa dilihat di tabel pedoman servis yang memang dipasang di dekat pintu masuk bengkel. Tujuannya agar setiap pemilik mobil memahami jangka waktu pergantian oli mesin. Namun, ada juga yang menghitung berdasarkan perhitungan lamanya pemakaian kendaraan.

Beberapa pengendara lebih percaya perhitungan yang sering dipakai pada umumnya. Ada yang mengganti oli mesin setidaknya 3-4 bulan sekali. Benarkah perhitungan seperti ini? Bisa ya bisa tidak.  Kelemahannya adalah perhitungan seperti itu bisa mengakibatkan terlambatnya penggantian oli mesin. Jelas sekali, ini bisa memengaruhi kondisi mesin secara keseluruhan.

Posting Komentar untuk "Berapa Lama Jangka Waktu Pergantian Oli Mesin Mobil? Ini Jawabannya"