Ini Fitur-fitur Aplikasi Zoom Meeting Yang Harus Kamu Ketahui

Fitur-fitur aplikasi zoom meeting-Tak bisa disangkal, aplikasi zoom meeting kini makin sering digunakan masyarakat dunia.Penggunaannya kini bukan hanya sebatas kegiatan belajar mengajar tapi juga pertemuan ramah tamah dan kegiatan ibadah berskala besar. Yah, satu-satunya kekurangan yang terlihat adalah tidak adanya pertemuan secara langsung(sentuhan fisik).

Semakin masifnya penggunaan aplikasi zoom tidak dibarengi dengan pemahaman dan pengetahuan cara menggunakan aplikasi ini secara lebih detail. Mungkin kalau sekadar unmute atau buka tutup video, itu bisa dilakukan dengan mudah. Tapi bagaimana dengan fitur-fitur lain yang ada diaplikasi zoom? Tentunya tidak mudah untuk menggunakannya jika tidak pengetahuan soal itu.

Ada banyak fitur-fitur yang tersedia di aplikasi zoom. Semuanya punya fungsi dan peranan yang cukup vital khususnya saat acara zoom meeting digelar. Nah, supaya anda gak kesulitan saat menggunakan fiturnya, berikut ini kami perkenalkan satu-persatu fitur aplikasi zoom meeting.

Fitur-fitur aplikasi zoom meeting

1. Participant

Fitur yang pertama bisa kita bahas adalah participant. Fitur ini bisa memberitahu anda berapa sebenarnya jumlah room dan participant yang sedang mengikuti acara zoom meeting. Selain itu di fitur ini Anda juga bisa mengganti nama participant dengan menekan tombol rename. Tinggal ubah nama, maka secara otomatis nama di room zoom akan berubah juga.

2. Share Screen

Bagian yang satu ini sering digunakan sewaktu belajar-mengajar, melakukan presentasi maupun saat menunjukkan aplikasi lain seperti WhatsApp, Microsoft word dan file pdf. Menariknya, semua hadirin bisa melihat apa yang sedang Anda kerjakan karena adanya fitur ini. Jadi bukan hanya di satu pihak saja yang melihat. Tapi ada syarat yang tidak bisa dikesampingkan yaitu anda harus dijadikan host atau co-host agar bisa menggunakan fitur Share Screen.

3. Chat

Fitur chat juga ada di aplikasi zoom meeting. Bagian ini cukup sering digunakan saat acara zoom berlangsung maupun setelah acara berakhir. Ada 2 pilihan yang bisa digunakan pengguna zoom. Yang pertama pengguna bisa memilih mengirimkan chat ke semua hadirin. Pilihan yang kedua adalah mengirimkan chat melalui privat message. Chat yang anda kirimkan hanya bisa dilihat oleh orang tertentu.

4. Record

Nah, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk merekam semua acara dan presentasi yang diadakan di zoom meeting. Tentunya setiap momen yang terjadi di zoom tidak bisa dilupakan. Agar tidak ada momen yang terlewatkan dan masih bisa dilihat sewaktu-waktu, aktifkan fitur record.

5. Breakout room

Breakout room adalah fitur yang digunakan untuk tujuan pemisahan ruangan dalam banyak kelompok kecil. Untuk keperluan belajar-mengajar, fitur ini digunakan untuk kerja kelompok menyelesaikan tugas suatu makalah. Untuk keperluan perusahaan, fitur ini perlu untuk beberapa suverpisor atau kepala bagian memimpin acara meeting di kelompok masing-masing

6. Reactions

Jelas sekali fitur ini jadi bagian paling difavoritkan oleh semua pengguna zoom. Ada berbagai reaksi yang bisa diperlihatkan oleh semua peserta zoom, diantaranya adalah tertawa, sedih, terkejut dan tanda setuju. Menggunakannya pun cukup mudah, cukup melihat berbagai emoticon reaksi yang menggambarkan suasana hati Anda, pilih salah satu lalu tekan tanda itu.

7. Lock meeting

Fitur ini sering digunakan oleh guru sekolah dan dosen untuk memberikan disiplin bagi murid-murid yang sering terlambat mengikuti zoom meeting. Dengan terkuncinya acara pertemuan, upaya apaupun yang dilakukan para peserta yang telat masuk ke acara tidak akan berhasil, kecuali dengan bantuan host.

8. Virtual background

Fitur Virtual background juga jadi fitur yang cukup diminati para peserta zoom meeting. Para peserta acara bisa mengganti latar belakang dengan berbagai gambar atau pemandangan, sehingga latar asli hadirin tidak kelihatan. Bahkan saat hadirin sedang berada di perjalanan, bisa tertutupi karena adanya fitur pergantian latar belakang.

Posting Komentar untuk "Ini Fitur-fitur Aplikasi Zoom Meeting Yang Harus Kamu Ketahui"