Kenali Dengan Baik Sistem Keselamatan, Ini Bagian-bagian Airbag Mobil

Bagian-bagian Airbag mobil-Sistem keamanan dan keselamatan mobil semakin canggih dari waktu ke waktu. Sebut saja sistem yang tersemat di mobil seperti airbag dan ABS yang memang memberikan perlindungan maksimal untuk pengendara dan penumpang. Kedua sistem ini membuat berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Dibandingkan dengan mobil lawas(zaman dulu), perlindungan mobil terbaru sekarang ini jelas lebih mumpuni. Mobil lawas hanya menggunakan safety belt sebagai fitur keselamatan, sedangkan mobil terkini punya banyak fitur yang berfokus pada titik keselamatan.

Salah satu sistem keselamatan yang paling di sorot adalah airbag. Apa itu sistem airbag? Airbag merupakan suatu sistem yang menitikberatkan perlindungan optimal buat pengendara dan penumpang mobil, bahkan potensi cedera parah hingga kematian bisa diminimalisir.

Tentu saja tidak ada pengendara maupun penumpang yang ingin celaka. Nah, setelah mengetahui apa itu sistem Airbag, apa saja bagian-bagian Airbag mobil? Berikut ini kami akan menjelaskan bagian-bagian yang tercakup di dalam sistem airbag mobil.

Bagian-bagian Airbag mobil

1. Airbag SRS Driver

Bagian pertama sistem keselamatan di dalam mobil terletak didekat tombol klakson setir. Pada bagian itu akan terlihat tulisan Driver SRS Airbag. Saat terjadi benturan yang cukup kuat, balon udara secara otomatis akan keluar dari setir sehingga meminimalisir benturan hebat terhadap pengendara.

2. Passengger SRS Driver

Bagian selanjutnya yaitu Passengger SRS Driver. Bagian ini terletak bagian dashboard sebelah kiri. Fungsinya kurang lebih sama, penumpang disebelah kiri tidak terpental terlalu jauh dikarenakan adanya balon udara. Dalam sistem keamanan mobil yang terbaru, ada juga beberapa pabrikan yang sudah menempatkan balon udara di kursi penumpang bagian tengah.

3. Module SRS Airbag

Bagian ini sering juga dinamai SRS Unit. Biasanya bagian ini terletak dibagian bawah dashboard. Tapi jangan salah gan, ternyata fungsinya cukup vital lho. SRS Unit yang memberikan perintah agar segera mengambil tindakan penyelamatan setelah terjadi kecelakaan atau benturan yang cukup keras.

4. Sensor Airbag Front R/L

Bagian pertama yang memberikan sinyal kepada SRS Unit sewaktu terjadi kecelakaan adalah sensor airbag kanan dan kiri. Posisinya terletak dibelakang bumper depan mobil. Jelas sekali, sewaktu terjadi benturan, sensor ini memainkan peranan penting untuk mengirimkan sinyal ke komponen selanjutnya.

5. Safety Belt

Safety belt atau sabuk pengaman sudah pasti terikat ke bagian sistem keamanan mobil. Saat terjadi kecelakaan parah, safety belt juga menahan tubuh pengendara dan penumpang agar tidak terpental hebat. Nh, menariknya safety belt juga harus diganti saat mobil alami kecelakaan parah. Tidak bisa dipakai lagi.

6. Kabel Reel

Jangan heran, jika bagian kabel reel juga harus diganti saat airbag driver meledak mengeluarkan balon. Part yang sering disebut kabel spiral ini, tidak akan bisa berfungsi lagi jika airbag sudah rusak. Maka pergantian part ini memang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

Posting Komentar untuk "Kenali Dengan Baik Sistem Keselamatan, Ini Bagian-bagian Airbag Mobil"