Kenapa Setir Mobil Tidak Stabil? Ini 3 Penyebab Utamanya

Penyebab setir mobil tidak stabil-Saat mengendarai mobil, ada banyak hal yang bisa saja buat gak nyaman. Salah satunya adalah setir jadi gak stabil saat dibawa berkendara. Tentu saja, itu bisa membuat kesal karena setir terasa berat ke arah kiri atau ke arah kanan. Bukan tidak mungkin, kecelakaan bisa terjadi di kemudian hari.

Setiap masalah yang terjadi di mobil dan perangkat-perangkatnya pasti ada penyebabnya. Gak mungkin terjadi begitu saja. Nah, kalau ada masalah pada bagian setir, pasti penyebabnya masih berhubungan dengan komponen-komponen sekitarnya. Apa saja penyebab setir mobil tidak stabil?

Penyebab setir mobil tidak stabil

1. Masalah di bagian roda

Komponen pertama yang bisa jadi bermasalah adalah roda. Setelah sekian waktu pemakaian, roda bisa sedikit bermasalah. Pada saat mengendarai mobil ke arah kanan, pengalihan roda terasa berat dan agak melawan. Nah, indikasi ini merupakan tanda-tanda roda mobil sudah harus di sporing dan balancing.

2. Masalah di bagian setir

Dibawah bagian setir, terdapat komponen yang dinamakan steering column. Komponen ini memang jarang alami kerusakan tapi sekali bermasalah bisa menyebabkan setir mobil gak stabil. Bahkan setir terasa lebih berat daripada biasanya. Jika sudah ada indikasi seperti itu, segera periksakan mobil ke bengkel.

3. Masalah di bagian kaki-kaki mobil

Beberapa komponen yang bermasalah di bagian kaki-kaki mobil bisa menyebabkan setir makin gak nyaman untuk dikendarai. Komponen yang dimaksud adalah link stabilizer, tie rod maupun knuckle. Semua komponen ini memang berhubungan langsung dengan roda yang diarahkan oleh setir.

Posting Komentar untuk "Kenapa Setir Mobil Tidak Stabil? Ini 3 Penyebab Utamanya"