Mengenal Bagian-bagian Dashboard Mobil Yang Terletak di Ruang Interior

Bagian-bagian dashboard mobil-Ruang kabin atau interior makin mantap dengan adanya dashboard beserta fitur-fiturnya. Semua komponen yang termasuk dalam bagian dashboard berperan penting dari sisi keselamatan dan keamanan. Selain itu, dashboard memang telah dirancang untuk memberikan kenyamanan saat berkendara. Secara garis besarnya, dashboard memang harus tersemat di setiap mobil. Tanpa dashboard, semua komponen pengatur tidak mungkin bisa ada.

Sebagai pengendara mobil, tentu anda tak bisa menampik peranan dari dashboard beserta komponen-komponennya. Tapi tahukah anda apa saja bagian-bagian yang telah tersemat didashboard mobil? Ada yang tahu, namun ada juga yang tidak mengetahui. Berikut ini kami berikan secara detail penjelasan lengkapnya sekaligus pemahaman soal posisi dan letaknya di dalam mobil.

Bagian-bagian dashboard mobil

1. Display audio dan video

Bagian utama dasboard terletak diposisi tengah. Di bagian ini terdapat display yang berfungsi sebagai pengatur audio, bluetooth dan video. Terdapat juga fitur-fitur lain seperti touchscreen display dan lubang tempat kabel Aux. Jika ingin mendengarkan musik, gunakan pengaturan di touchscreen display. Pengaturan didalamnya juga mudah dan praktis digunakan karena sudah berbasis layar sentuh.

2. Panel AC

Bagian berikutnya yang juga ada di dashboard adalah panel AC. Komponen ini punya beberapa bagian yang terpisah, antara lain tombol penyala AC, tombol pengatur suhu AC maupun tombol untuk mengatur di posisi mana AC harus dinyalakan. Tentu saja bagian ini sangat krusial untuk kenyamanan ruang kabin. Saat panel AC dinyalakan, maka seluruh ruangan di kabin akan terasa sejuk dan dingin. Bahkan hawa sejuknya bisa bertahan sekian waktu, saat panel AC dimatikan.

3. Airbag penumpang

Nama komponennya memang Airbag Passengger, tapi tidak berarti posisi airbagnya berada di kursi penumpang. Posisinya terletak di dasboard bagian ujung kiri, berdekatan dengan pintu depan kiri. Sedangkan dibawah airbag penumpang terdapat laci untuk menyimpan dokumen atau barang-barang. Airbag penumpang digolongkan sebagai perangkat yang memberikan perlindungan maksimal saat terjadi kecelakaan hebat.

4. Panel Indikator dan speedometer

Bagian kanan dashboard didominasi oleh panel indikator dan speedometer. Dibagian ini terdapat berbagai fitur-fitur diantara lain panel kecepatan dan panel penunjuk kesehatan mesin, aki dan oli. Pengendara tidak perlu terlalu khawatir karena panel indikator dan speedometer bekerja sesuai dengan arahan ECU. Panel-panel ini juga dilengkapi dengan bola lampu kecil agar pengendara bisa mengetahui indikator terkini berbagai komponen mobil.

5. Kisi-kisi AC

Di bagian dashboard juga terdapat elemen pendukung panel AC. Komponen yang dimaksud adalah kisi-kisi AC. Posisinya terletak di tiga bagian, satu dikanan, satu dikiri dan dua dibagian tengah. Elemen ini lengkap dengan alat pengaturnya, yang berguna untuk mengecilkan suhu atau menutup kisi-kisi AC. Aliran udara dari sistem pendingin akan keluar dari kisi-kisi AC setelah tombol panel AC ditekan. 

6. Laci barang

Komponen yang juga digolongkan ke dashboard adalah laci barang. Posisinya terletak disebelah kiri dibawah airbag penumpang. Ukurannya tidak terlalu besar, hanya cukup menampung barang-barang berupa dokumen dan obat-obatan. Desainnya pun telah disesuaikan dengan guratan dashboard. Hanya satu kelemahannya, bagian pembukanya akan cepat rusak jika tidak digunakan dengan benar.

7. Penunjuk waktu dan tanggal

Bagian terakhir yang tak bisa dikesampingkan dari dashboard adalah display penunjuk waktu dan tanggal. Posisinya terletak diatas display touchscreen, terlihat seperti jam digital. Penanda seperti itu tentunya dibutuhkan saat berkendara di malam hari. Bukan hanya di malam hari, berkendara dalam jarak tempuh yang cukup jauh juga memerlukan penanda tanggal dan waktu.

Posting Komentar untuk "Mengenal Bagian-bagian Dashboard Mobil Yang Terletak di Ruang Interior"