Otolovers Harus Tau, Ini Bagian-bagian Eksterior Mobil

Bagian-bagian eksterior mobil-Selain mesin, transmisi dan sistem elektrikal, mobil tidak bisa terlepas dari dua bagian lain yaitu bagian interior dan eksterior. Kedua bagian ini bisa dianggap sebagai penentu kenyamanan pengendara maupun penumpang di dalam mobil. Namun, kali ini kita hanya akan berfokus pada bagian eksterior saja.

Bagian eksterior sering disebut tampilan paling luar bodi mobil. Jadi, bagian ini punya peranan bukan hanya sebagai pelindung dari partikel-partikel dari luar tapi juga sebagai tampilan desain mobil. Jelas sekali, walaupun tak sepenting engine atau mesin, bagian eksterior tak bisa dikesampingkan.

Berdasarkan pengamatan tim otomotif dilapangan, bagian eksterior memang cukup sering mendapatkan perawatan, karena bagian ini berhubungan langsung dengan partikel luar khususnya debu dan kotoran. Tak jarang juga bagian eksterior alami lecet-lecet dan penyok, mungkin karena adanya sentuhan dengan benda-benda lain.

Jika anda saat ini memiliki kendaraan roda empat, tentunya anda harus paham apa itu bagian eksterior di mobil. Kemudian anda juga harus memahami, apa saja bagian-bagian yang tercakup dibagian eksterior. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini kami paparkan beberapa bagian eksterior yang cukup berpengaruh bagi mobil.

Bagian-bagian eksterior mobil

1. Bumper depan dan belakang

Bumper depan maupun belakang termasuk bagian yang memengaruhi desain mobil. Dengan adanya bumper, tampilan mobil jadi terlihat lebih sporty tentunya. Tapi, bumper juga bisa dikategorikan sebagai pelindung di bagian depan dan belakang khususnya saat terjadi tabrakan atau kecelakaan.

2. Pintu

Secara garis besarnya, ada 5 pintu yang terdapat di mobil. 4 untuk jalur masuk ruang interior, sedangkan yang 1 lagi sering digunakan untuk tempat penyimpanan barang. 5 pintu yang terdapat di mobil juga digolongkan sebagai bagian eksterior karena berfungsi juga sebagai pelindung. Setiap pintu sudah disematkan karet sehingga bisa meredam kebisingan dari luar.

3. Kaca depan dan pintu

Pada kendaraan roda empat, terdapat 6 kaca yang terdiri dari 1 kaca depan, 1 kaca pintu bagasi dan 4 kaca pintu jendela. Memang setiap kaca berperan sebagai pelindung dari partikel luar, namun fungsi lainnya adalah apa yang ada diluar bisa terlihat dari dalam. Sehingga kecelakaan juga bisa diminimalisir. Ke 6 kaca tersebut harus sering dibersihkan agar tidak berjamur.

4. Grill depan

Bagian eksterior yang terletak dibagian wajah mobil adalah grill. Bentuknya seperti jaring-jaring, posisinya tepat diatas bumper depan dan diantara lampu besar kanan dan kiri. Fungsinya sebagai media aerodinamis mobil karena sirkulasi udara masuk melalui bagian ini. Selain itu grill depan juga sebagai jalur masuknya udara agar engine maupun radiator tidak alami panas berlebihan.

5. Lampu depan dan belakang

Pada dasarnya lampu depan dan belakang memang berkaitan erat dengan sistem elektrikal. Namun jika ditelaah lebih dalam berdasarkan pemisahan part catalogue, lampu depan dan belakang ternyata digolongkan ke bagian eksterior. Berperan sebagai benda penerang, posisi part ini ternyata terletak dibagian paling luar. Jadi wajar saja, lampu dikategorikan ke bagian eksterior.

6. Fog light

Fog lamp atau lampu kabut ternyata juga digolongkan ke bagian eksterior. Ini terlihat dari berbagai brosur yang dikeluarkan oleh beberapa pabrikan mobil. Posisinya terletak di bagian bawah bumper depan, namun lebih kecil bentuknya dibandingkan dengan headlamp. Bagian ini juga terhubung ke sistem elektrikal mobil.

7. Tailgate spoiler

Bagian berikutnya yang juga digolongkan ke bagian eksterior adalah tailgate spoiler. Posisinya terletak di bagian atas pintu bagasi. Selain membantu aerodinamis mobil, bagian ini juga bisa membantu sistem pengereman mobil. Pada bagian tengah tailgate spoiler terdapat lampu yang juga memiliki fungsi sama seperti lampu rem pada umumnya.

Posting Komentar untuk "Otolovers Harus Tau, Ini Bagian-bagian Eksterior Mobil "