Punya Banyak Peranan, Ini Fungsi Switch Saklar Lampu Mobil

Fungsi switch saklar lampu mobil-Sistem pencahayaan mobil kini sudah menggunakan teknologi tinggi. Penggunaannya kini sudah melibatkan beberapa sensor atau switch yang menerapkan sistem teknologi canggih. Hanya dengan sedikit sentuhan, lampu apa pun yang tersemat didalam mobil bisa langsung menyala.

Ini berbeda dengan sistem pencahayaan mobil lawas. Mobil zaman dahulu belum secanggih yang sekarang. Kebanyakan mobil produksi tahun lama masih menggunakan cara-cara manual untuk menghidupkan komponen-komponen yang berhubungan dengan sistem pencahayaan.

Salah satu komponen yang termasuk dalam sistem pencahayaan mobil adalah switch lampu mobil. Posisinya terletak di sekitar setir, tidak terlalu besar tapi peranannya sangat penting bagi sistem pencahayaan mobil. Apa saja fungsi switch lampu mobil? Berikut ini keterangannya.

Fungsi switch saklar lampu mobil

1. Lampu besar

Peranan switch saklar lampu yang pertama adalah untuk menyalakan lampu besar. Seperti diketahui lampu besar, punya peranan penting saat berkendara di malam hari. Pengaturan untuk mengubah lampu jarak jauh atau dekat, juga ada disaklar lampu.

2. Lampu sein

Fungsi selanjutnya yaitu untuk menyalakan lampu sein. Saat mobil akan berbelok ke arah kanan atau kiri, tekan saklar lampu ke arah bawah. Kemudian lampu sein kanan atau kiri akan berkedip, sebagai penanda agar kendaraan di belakang anda tidak menyalip.

3. Lampu fog lamp

Fungsi yang terakhir adalah untuk menyalakan lampu fog lamp atau lampu kabut. Biasanya ini juga digunakan saat berkendara melewati kegelapan malam. Caranya cukup praktis, hanya dengan menekan saklar tapi dengan mengikuti penanda yang tertera di saklar lampu. Ada petunjuk dengan gambar sinar lampu cukup kecil.

Posting Komentar untuk "Punya Banyak Peranan, Ini Fungsi Switch Saklar Lampu Mobil"