Sirkulasi Udara Tetap Bersih, Ini Cara Merawat Ruang Mesin Mobil

Cara merawat ruang mesin mobil-Merawat mesin memang harus jadi prioritas utama setiap pemilik mobil. Namun, ruang mesin harus juga dirawat senantiasa agar komponen yang ada di dalamnya bisa tetap bekerja optimal. Coba bayangkan, kalau ruang mesin kotor, sirkulasi udara di dalam ruang mesin bisa terhambat. Ini pastinya berpengaruh juga ke kinerja mobil.

Namun, merawat ruang mesin bukanlah pekerjaan mudah. Apalagi kalau mesinnya sudah lama dibiarkan dalam keadaan kotor dan berdebu. Bisa jadi debunya makin lengket dengan komponen-komponen berbahan besi dan karet. Tapi gak boleh putus asa, ruang mesin masih bisa kok dirawat dan dibersihkan. Bagaimana cara merawat ruang mesin mobil?

Cara merawat ruang mesin mobil

1. Cuci ruang mesin

Saat ruang mesin kotor, coba semprotkan air disekitar area mesin. Tapi ingat, jangan semprot bagian pengapian seperti busi dan tempat pengisian oli mesin. Itu bisa membahayakan sistem pengapian maupun area blok mesin. Semprot bagian berbahan dasar plastik padat dan logam, lalu lap sampai bersih.

2. Semprot dengan angin

Cara selanjutnya yang juga sering dilakukan oleh teknisi adalah menyemprot dengan angin di area-area yang kotor. Saat menyemprot dengan menggunakan angin yang cukup kencang, coba untuk memakai masker dan kacamata. Tujuannya untuk menghambat debu masuk ke mata maupun hidung.

3. Servis berkala

Melakukan perawatan berkala pada mesin juga bisa membantu ruang mesin tetap apik. Saat teknisi melakukan perawatan pada komponen-komponen mesin, secara otomatis ruang mesin juga akan mendapatkan manfaat. Sebagai contoh, saringan udara seringkali kotor, ini membuat sirkulasi udara terhambat. Saat dilakukan pembersihan saringan udara oleh teknisi, maka ruang mesin pasti akan mendapatkan manfaat.

Posting Komentar untuk "Sirkulasi Udara Tetap Bersih, Ini Cara Merawat Ruang Mesin Mobil "