Apakah HP Yang Sudah Terendam Air Bisa Diperbaiki? Ini Penjelasannya

Beberapa orang yang kecanduan menggunakan hp cenderung sulit untuk melepaskan hp dari genggaman tangan. Bahkan ada yang membawa hp ke toilet karena ingin membalas pesan pacar atau ingin terlihat tetap eksis di dunia maya. Akibatnya, bisa saja hp nyemplung ke bak air karena genggaman tidak terlalu kuat.

Setelah hp terendam air dalam waktu yang cukup singkat, apa yang akan terjadi? Biasanya hp masih hidup ketika dinyalakan, namun setelah beberapa waktu hp tidak akan bisa dinyalakan alias mati total. Kenapa hpnya gak bisa dinyalakan lagi?

Secara teknisnya, saat hp terendam air, maka air akan masuk ke hp melalui lubang charger, lubang speaker, lubang headset dan kisi-kisi back door. Pada saat itu mesin dan komponen lainnya tidak akan bisa bekerja karena semua komponennya dalam keadaan basah. Pasti terjadi korslet di bagian dalam mesin atau layar sentuhnya, sehingga semua perangkat padam total.

Apakah hp yang sudah terendam air bisa diperbaiki? Memang komponen yang basah bisa dikeringkan dengan menggunakan alat tertentu, tapi biasanya karat akan muncul belakangan, khususnya di komponen yang berbahan logam. Ini bisa menimbulkan kerusakan yang sistematis pada hp.

Jika hp memang telah terendam air, disarankan untuk tidak merepairnya karena uang yang harus dikeluarkan untuk biaya perbaikan cukup mahal. Itu setara dengan uang pembelian satu hp baru. Coba untuk menjual hpnya ke tukang service hp saja, manatau ada beberapa komponen yang masih bisa digunakan.

Posting Komentar untuk "Apakah HP Yang Sudah Terendam Air Bisa Diperbaiki? Ini Penjelasannya"