Cara Membersihkan Kampas Rem Motor Yang Kotor Dan Berdebu

Cara membersihkan kampas rem motor-Saat melakukan perawatan secara berkala pada motor, jangan lupa memerhatikan sistem pengereman. Satu komponen yang tidak boleh diabaikan begitu saja yaitu kampas rem. Kampas rem merupakan salah satu komponen yang harus rutin dibersihkan agar kinerja sistem pengereman tetap lancar.

Umumnya, komponen kampas rem motor, baik itu di bagian depan maupun bagian belakang, selalu kotor dan berdebu. Itu karena kampas rem cukup dekat dengan jalan raya yang penuh debu khususnya sewaktu motor melaju. Nah, bagaimana cara membersihkan kampas rem motor? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara membersihkan kampas rem motor

1. Buka blok rem

Pertama-tama awali dengan membuka blok rem secara keseluruhan. Setelah itu keluarkan kampas rem, pisahkan dengan cover kampas rem. Bersihkan cover kampas rem dengan angin kencang. Semprot angin secara merata sampai semua debu terangkat dari cover kampas rem.

2. Bersihkan kampas rem

Gunakan juga penyemprot angin untuk membersihkan kampas rem. Tapi belum selesai sampai disitu. Khusus di komponen kampas rem, gunakan kertas pasir untuk menggosok permukaan kamvas rem. Tujuannya agar pasir yang lengket di kampas rem bisa dihilangkan. Dengan demikian, saat pengereman tidak terdengar bunyi dari roda.

3. Pasang kampas rem

Setelah kampas rem dibersihkan, pasang kembali kampas rem ke cover kampas rem. Sangkutkan per kampas rem kemudian letakkan kampas rem pada posisinya. Tutup blok rem, selanjutnya pasangkan blok rem ke posisi awal. Kemudian lakukan ujicoba apakah kampas rem sudah lebih baik daripada sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Kampas Rem Motor Yang Kotor Dan Berdebu"