Kenapa Ada Suara Dengung di Bagian Kolong Mobil? Ini Penyebabnya

Sejatinya, setiap pemilik mobil ingin merasakan kenyamanan saat berkendara. Namun, itu tidak selalu bisa didapatkan. Ada saja trouble yang terjadi pada setiap komponen yang tersemat di mobil. Salah satunya adalah suara dengungan yang muncul dari bagian kolong mobil.

Ketika suara dengungan terdengar, pasti itu cukup mengganggu dan memecah konsentrasi pengendara. Bahkan suaranya terus terdengar hingga buat pengendara lain juga terganggu. Apa sebenarnya yang menyebabkan munculnya suara dengungan dari bagian kolong mobil?

Secara teknisnya, suara dengung memang jarang terdengar asalkan mobil digunakan dengan benar. Tapi kalau mobil dibawa ugal-ugalan hingga sering menghantam lubang, ada kemungkinan suara dengung akan mulai muncul. Komponen pertama yang disinyalir jadi penyebab suara dengungan adalah bearing roda.

Semakin sering roda menghantam lubang, maka semakin besar pula risiko kerusakan pada bearing roda. Itu ditandai dengan adanya kebocoran di sekitar bearing roda. Biasanya ada tetesan oli di sekitar persambungan lahar roda dengan penutup bearing roda. Jika dibiarkan terlalu lama, suara dengungan akan makin terdengar walaupun pengendara sedang berada di dalam kabin.

Selain ada masalah pada bearing roda, masalah pada bagian astarik juga bisa menimbulkan suara dengungan. Baik itu di astarik sebelah kanan atau kiri, keduanya juga disematkan bearing walaupun bentuknya cukup kecil. Jadi pemeriksaan di bagian astarik juga tidak boleh dikesampingkan.

Posting Komentar untuk "Kenapa Ada Suara Dengung di Bagian Kolong Mobil? Ini Penyebabnya"