Kenapa Aki Mobil Cepat Habis? Ini Ulasan Singkatnya

Penyebab aki mobil cepat habis-Normalnya pergantian aki dilakukan setidaknya 1,5-2 tahun setelah pemakaian. Namun kadangkala belum sampai setahun pemakaian, ada yang sudah ganti aki lagi. Tentunya ini tidak praktis, memakan banyak biaya demikian pula banyak energi.

Sebagai pemilik mobil, tentu membingungkan apabila aki tiba-tiba habis. Namun, peristiwa seperti ini sudah sering terjadi. Biasanya ini terjadi karena kesalahan pemakaian sendiri, bukan cacat produk aki yang digunakan. Nah, apa saja yang menyebabkan aki mobil cepat habis?

Penyebab aki mobil cepat habis

1. Tambahan sound

Sebenarnya sudah ada standar berapa arus dan tegangan yang harus dikeluarkan dari aki maupun sistem kelistrikan lainnya. Nah, dengan adanya tambahan sound dan speaker, ini membuat beban arus dan tegangan makin bertambah. Akhirnya ini berimbas pada penurunan ketahanan aki.

2. Sering charger hp

Idealnya charger hp memang disediakan di dekat console box. Itu bisa digunakan jika hp anda sudah kehabisan baterai. Tapi harus diingat, pengisian baterai hp tidak boleh dilakukan terlalu sering. Ini bisa mengakibatkan aki jadi soak. Pengisian baterai untuk hp lebih tepat dilakukan di rumah saja, dimana ada beberapa stop kontak yang tersedia.

3. Gunakan AC tanpa jeda

Salah satu penyebab umum yang bisa buat aki cepat habis adalah penggunaan AC yang diluar kewajaran. Sebagaimana diketahui, tenaga yang dikeluarkan AC sedikit berhubungan dengan sistem kelistrikan mobil. Misalnya kipas AC butuh arus supaya bisa nyala, sedangkan arus datangnya dari aki. Jadi masuk akal AC punya pengaruh juga buat aki.

Posting Komentar untuk "Kenapa Aki Mobil Cepat Habis? Ini Ulasan Singkatnya"