Kenapa Baterai HP Gak Terisi Saat Dicharger? Ini Analisanya

Pengguna hp kadang bertanya di laman jejaring sosial atau search engine saat ada trouble di hp. Salah satu pertanyaan yang ditanyakan adalah kenapa arus listrik gak masuk saat hp dicharger? Tentunya pertanyaan ini tidak mudah untuk dijawab, paling tidak harus ada pemahaman tentang perangkat dan komponen hp yang tersemat, baru bisa mengetahui pangkal masalahnya.

Secara teknis, tidaklah sulit untuk memahami kenapa arus gak masuk saat hp dicharger? Coba bayangkan, sebenarnya masalahnya terdapat pada 3 komponen ini. Ini berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah mengalami masalah yang sama. Komponen yang dimaksud adalah kepala charger, kabel charger dan konektor hp.

Komponen pertama yang patut diperiksa adalah kepala charger. Sejatinya, kepala charger merupakan sentral penghubung antara listrik dengan hp itu sendiri. Saat kepala charger rusak, maka arus listrik tidak akan pernah masuk ke hp. Akibatnya baterai hp gak akan pernah terisi.

Komponen kedua yang juga harus diperhatikan adalah kabel charger. Walaupun kepala charger dalam keadaan siap pakai, tapi kabel charger rusak maka arus listrik juga tidak akan terhubung ke hp. Masalah sering terjadi di bagian pengubung kabel dengan kepala charger. Terdapat ada patahan di bagian penghubung kabel tapi itu gak bisa diperbaiki, harus segera diganti.

Komponen terakhir yang juga bisa dipastikan bermasalah adalah konektor hp. Tanda-tanda konektor hp rusak yaitu ketika kabel charger dihubungkan, konektor hp terasa goyang. Walaupun dipaksakan tetap di charger, arus listrik dan tegangan tidak akan masuk ke hp. Pergantian konektor hp jelas jadi opsi yang paling masuk akal.

Posting Komentar untuk "Kenapa Baterai HP Gak Terisi Saat Dicharger? Ini Analisanya"