Kenapa Knalpot Motor Berasap? Ini 3 Penyebab Utamanya

Penyebab knalpot motor berasap-Menyalakan hingga memanaskan mesin motor di pagi hari lumrah dilakukan sebelum melakukan aktivitas/pekerjaan lain. Namun, kadangkala saat memanaskan mesin, asap motor tiba-tiba mengepul dari dalam knalpot. Kenapa itu bisa terjadi? Apakah ada trouble di bagian mesin dan pengapian? 

Sebenarnya, keluarnya asap dari knalpot bisa mengindikasikan bahwa motor sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Normalnya, asap tidak akan mengepul keluar saat motor dinyalakan maupun saat melaju. Lalu kenapa knalpot motor berasap? Berikut ini analisisnya. 

Penyebab knalpot motor berasap

1. Oli mesin tidak diganti

Saat oli mesin terlalu lama tidak diganti, akibatnya kerusakan bisa menjalar kemana-mana. Ini membuat motor rentan alami masalah serius. Beberapa komponen yang bisa rusak di kemudian hari adalah piston dan ring piston. Saat oli tidak lagi melumasi piston, maka lama kelamaan asap akan keluar dari dalam knalpot.

2. Sistem pengapian bermasalah

Komponen-komponen disistem pengapian patut dicurigai apabila knalpot mengeluarkan asap. Beberapa komponen yang dimaksud adalah exhaust manifold, leher knalpot, sensor knalpot dan knalpot secara keseluruhan. Pemeriksaan harus dilakukan oleh teknisi yang cukup ahli di sistem pengapian motor.

3. Sistem bahan bakar bermasalah

Biasanya motor yang masih mengadopsi sistem bahan bakar karburator cenderung bermasalah apabila setelannya kurang tepat. Asap yang dikeluarkan dari knalpot cukup tebal, kemudian warnanya juga cukup pekat. Jika punya masalah seperti ini, segera lakukan penanganan di bagian bahan bakar.

Posting Komentar untuk "Kenapa Knalpot Motor Berasap? Ini 3 Penyebab Utamanya"