Antisipasi Masalah Sistem Pengapian, Ini Ciri-ciri Koil Mobil Lemah

Ciri-ciri koil mobil lemah-Koil merupakan komponen yang cukup penting di dalam sistem pengapian. Tanpa adanya koil, mustahil untuk membuat mobil menyala dan melaju. Selain itu, koil berperan sangat penting mendongkrak performa dan kinerja mobil. Lalu, apakah koil juga bisa melemah hingga akhirnya rusak? Jawabannya bisa.

Berdasarkan pengalaman beberapa pengguna mobil, koil bisa melemah setidaknya hingga 3-4 tahun masa pakai mobil. Tapi ada juga yang hanya 2 tahun masa pakainya, koilnya sudah rusak. Apa saja ciri-ciri koil mobil lemah? Perhatikan keterangan singkatnya berikut ini, kemudian hubungkan dengan pengalaman anda selama ini.

Ciri-ciri koil mobil lemah

1. Mobil mogok

Salah satu pertanda koil mobil mulai lemah adalah mobil mulai sering mogok tiba-tiba. Memang mesin mobil menyala sebentar, kemudian mobil bisa dikendarai namun di tengah perjalanan tiba-tiba mobil mogok. Nah, ketika tombol starter ditekan, malah mesin jadi lebih sulit menyala.

2. Nyendat saat distarter

Ciri-ciri berikutnya koil mobil mulai lemah adalah suara nyendat saat distarter. Entah itu menggunakan kunci untuk starter ataupun sudah menggunakan tombol starter, suara nyendat tetap terdengar jelas. Ini mengindikasikan koil tidak lagi bekerja dengan maksimal.

3. Nyala mesin tak bertahan lama

Tanda-tanda berikutnya yang bisa mengindikasikan koil mobil mulai lemah adalah nyala mesin paling lama bertahan 30-60 detik. Saat nyala mesin cuma bertahan seperti itu, tahap berikutnya punya kesulitan tersendiri. Biasanya diikuti dengan kesulitan menyalakan mesin walaupun sudah dilakukan pengecekan terhadap aki dan beberapa perangkat sistem pengapian yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Antisipasi Masalah Sistem Pengapian, Ini Ciri-ciri Koil Mobil Lemah"