Fungsi ECU di Sistem Elektrikal Mobil

Pada dasarnya, sistem elektrikal mobil berperan sangat aktif menyokong kinerja mobil. Salah satu komponen yang paling berperan adalah ECU atau biasa disebut electronic control unit. Dalam pengertian sederhana atau bahasa bengkelnya, ECU juga disebut komputer mobil.

Posisi ECU terletak di bawah dashboard mobil, berdekatan dengan saklar dan relay yang tersemat di area elektrikal. Ukurannya 15x15 cm, tapi peranannya luar biasa. Komponen ini juga jarang rusak kecuali mobil yang dikendarai terendam banjir atau alami korsleting. Apa saja fungsi ECU?

Fungsi ECU di sistem elektrikal mobil

1. Memberi perintah ke sistem pengapian

Secara teknisnya, ECU mampu memberikan kontrol terhadap sistem pengapian yang khususnya berhubungan dengan sistem elektrikal. Sebut saja komponen-komponen seperti aki, koil dan exhaust. ECU menjamin semua bagian-bagian elektrikal bisa bekerja dengan selaras.

2. Memberi perintah ke sistem bahan bakar

Bagian berikutnya yang juga dikontrol oleh ECU adalah sistem bahan bakar. Seperti diketahui, sistem bahan bakar juga dilengkapi sensor-sensor yang kerjanya dibawah perintah ECU. Jadi cukup jelas, ECU mampu memberikan jaminan bahwa sistem bahan bakar akan bekerja dengan baik.

3. Mengontrol power mobil

Daya maupun tenaga juga bisa dikontrol oleh ECU. Jadi, power mobil tidak terlalu berlebihan maupun kekurangan pada saat mobil melaju. Kemudian, kelistrikan mobil juga bisa disesuaikan dengan besarnya power mobil. Jadi pengaruh ECU cukup signifikan buat mobil.

Posting Komentar untuk "Fungsi ECU di Sistem Elektrikal Mobil"