Kawula Muda Harus Tahu, Ini 10 Dampak Buruk Hubungan Seks di Luar Nikah

Dampak buruk hubungan seks di luar nikah-Beberapa anak muda yang berpacaran akhirnya terpancing untuk melakukan hubungan seks di luar nikah. Padahal hubungan seks seharusnya dilakukan orang yang sudah menikah, yang telah sah di mata agama dan hukum. Bisa jadi karena kurangnya pengertian dan pemahaman tentang akibat yang akan dirasakan setelah melakukan hubungan seks di luar nikah.

Berdasarkan penelitian, perilaku hubungan seks di luar nikah malah makin meningkat seiring perkembangan zaman. Apalagi di dunia yang sarat teknologi ini, hubungan seks di luar nikah malah dianggap sebagai hal yang wajar. Padahal dampaknya akan sangat menyakitkan bagi orang-orang terlibat. Apa saja dampak buruk hubungan seks di luar nikah? Ini penjelasannya.

Dampak buruk hubungan seks di luar nikah

1. Kehamilan yang tidak diinginkan

Salah satu dampak buruk hubungan seks di luar nikah adalah adanya kehamilan yang tidak diinginkan. Banyak perempuan muda yang hamil tanpa adanya tanggung jawab dari pria. Di usia muda, mereka seharusnya fokus pada pendidikan di sekolah dan pengembangan sifat-sifat maupun karakter, bukan mencoba sesuatu bisa merugikan diri sendiri dan merusak masa depan.

2. Terkena penyakit serius

Pria dan wanita muda lambat laun akan merasakan akibat dari perbuatan mereka. Biasanya mereka akan terkena penyakit HIV atau sejenis penyakit serius di area kelamin. Memang, penyakitnya tidak akan langsung muncul saat melakukan hubungan seks di luar nikah, tapi akan muncul beberapa tahun kemudian. Setelahnya, pihak-pihak yang terlibat akan benar-benar menderita.

3. Depresi

Dampak berikutnya adalah pria dan wanita muda yang terlibat hubungan seks di luar nikah akan lebih mudah alami depresi. Survei menunjukkan 80 persen kalangan anak muda yang melakukan hubungan seks di luar nikah rentan alami stres dan depresi, bahkan tidak tertutup kemungkinan akan melakukan bunuh diri.

4. Perasaan tidak berharga

Umumnya pasangan muda-mudi yang ketahuan melakukan hubungan seks di luar nikah, akan menanggung malu di depan publik/masyarakat. Akibatnya, di mana pun mereka berada, mereka merasa direndahkan dan disepelekan, walaupun sebenarnya teman dan keluarga tidak bermaksud mengejek mereka.

5. Emosi tidak stabil

Setelah berkali-kali melakukan hubungan seks di luar nikah, pasangan muda-mudi cenderung tidak bisa mengontrol emosi mereka. Ada yang bertindak di luar kewajaran, kemudian ada juga yang meledak-ledak saat berkata-kata. Jelas sekali, emosi yang tidak stabil sesuatu yang tidak bisa dihindari lagi.

6. Hilangnya kepercayaan keluarga

Secara otomatis, anak muda yang ketahuan melakukan hubungan seks di luar nikah, cukup sulit mendapatkan kepercayaan dari keluarga. Untuk tugas-tugas dan tanggung jawab tertentu, keluarga tidak akan memberikan kepercayaan kepada pihak-pihak yang terlibat. Biasanya keluarga akan mendelegasikan tanggung jawab tersebut ke orang lain yang lebih bertanggung jawab.

7. Tidak saling respek

Kalaupun pasangan muda-mudi yang sudah lakuin seks di luar nikah tetap dinikahkan, akan ada dampak negatif yang terjadi belakangan. Keduanya tidak akan saling merespek satu sama lain. Malah keduanya akan sama-sama mengucapkan kata-kata yang merendahkan. Ini bukan bualan belaka, memang sudah sering terjadi.

8. Rentan selingkuh

Dampak yang berikutnya adalah salah satu dari mereka rentan mempermainkan perasaan pasangan, atau istilah kerennya selingkuh. Pada waktu muda-mudi berhubungan seks di luar nikah, sebenarnya itu menunjukkan kurangnya pengendalian diri. Sifat yang sama akan kembali ditunjukkan bahkan setelah menikah.

9. Hilangnya kepercayaan diri

Jangan heran rasa percaya diri akan berkurang setelah lakuin hubungan seks di luar nikah. Itu bisa berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari. Misalnya pimpinan perusahaan mengharuskan untuk melakukan presentasi di depan umum, tapi karena ada sesuatu yang buruk sudah dilakukan, rasa percaya diri mulai pudar. Akhirnya perintah dari pimpinan tidak jadi dilaksanakan.

10. Bunuh diri

Dampak yang terakhir ini terbilang cukup fatal, karena menyangkut nyawa. Beberapa anak muda yang melakukan hubungan seks di luar nikah, memilih untuk mengakhiri hidup mereka karena merasa dicampakkan atau salah satu pihak mulai berselingkuh. Mereka tidak bisa lagi berpikir secara masuk akal hingga akhirnya memilih bunuh diri.

Posting Komentar untuk "Kawula Muda Harus Tahu, Ini 10 Dampak Buruk Hubungan Seks di Luar Nikah"