Cara Membuat CV/Lamaran kerja

 CV atau Curriculum Vitae adalah dokumen paling dasar yang akan selalu dibutuhkan saat melamar pekerjaan. Jika Anda baru saja lulus kuliah atau SMA/SMK dan berniat mencari pekerjaan, maka Anda perlu menyiapkan CV terlebih dahulu. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui dasar-dasar pembuatan CV dan contoh CV yang cocok untuk fresh graduate.



Umumnya dalam membuat CV ada beberapa hal yang harus disertakan. Beberapa yang paling mendasar adalah pengalaman dan sejarah pendidikan. Nah, langsung saja yuk cari tahu tips membuat CV untuk fresh graduate berikut ini!


Tips Membuat CV yang Menarik untuk Fresh Graduates

Ada beberapa tips membuat CV untuk fresh graduate, Sobat Cakap. Jangan lewatkan tips di bawah ini ya? Karena semua tips adalah hal mendasar yang harus Anda terapkan di CV Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mencantumkan dan menerapkan tips berikut di CV Anda nanti!


Sertakan Pendahuluan yang Menarik


Pendahuluan merupakan bagian awal dari sebuah CV yang dapat berperan dalam memberikan kesan. Banyak orang yang sedikit bodoh dalam pengenalannya. Padahal, salah satu tips utama membuat CV bagi fresh graduate adalah perkenalan yang menarik.


Tulis kata-kata dalam pendahuluan yang menggambarkan bahwa Anda adalah orang yang kompeten dan percaya diri. Meski baru lulus, berikan kesan bahwa Anda bisa diandalkan dan bisa bekerja maksimal. Di bagian bawah atau samping pendahuluan, Anda juga dapat menyertakan bidang yang berisi alamat rumah, email, atau nomor telepon Anda. Anda perlu mencantumkan alamat dan nomor kontak Anda agar jika CV Anda lolos, HR dapat dengan mudah menghubungi Anda.


Latar belakang pendidikan


Sejarah pendidikan merupakan bagian yang penting. Karena menjadi acuan dalam bidang akademik anda. Pastikan Anda mengisi format riwayat pendidikan Anda dengan benar di CV fresh graduate Anda. Tidak perlu mencantumkan riwayat pendidikan dari TK sampai akhir. Cukup sertakan riwayat pendidikan terakhir Anda, seperti nama kampus, fakultas, jurusan, dan IPK Anda. Atau jika Anda pernah bersekolah di sekolah menengah internasional dan populer, Anda juga dapat memasukkannya ke dalam CV Anda.


Tuliskan prestasi atau prestasi Anda


Tips membuat CV untuk fresh graduate selanjutnya adalah dengan mengisi bagian achievement dan achievement. Anda dapat mencantumkan prestasi atau prestasi yang Anda dapatkan selama sekolah atau kuliah.


Misalnya, jika Anda mendapatkan beasiswa, maka Anda dapat menuliskannya di bagian ini. Anda juga dapat menuliskan penghargaan yang Anda miliki, seperti penghargaan cum laude, gelar ganda, kejuaraan regional & nasional, atau Anda juga dapat menuliskan prestasi Anda sebagai pertukaran pelajar.


Bagikan Pengalaman Anda


Bahkan jika Anda seorang lulusan baru dan tidak memiliki banyak pengalaman kerja, jangan khawatir. Pada bagian ini, Anda dapat mengisi pengalaman organisasi yang pernah Anda ikuti. Atau Anda juga dapat menambahkan pengalaman praktis, KKN yang menarik, dan pengalaman magang Anda.


Jika Anda adalah anggota komunitas, Anda juga dapat menuliskannya di kolom pengalaman di CV fresh graduate Anda.

Tambahkan Kolom Skill yang Dimiliki


Lanjut ke tips membuat CV untuk fresh graduate selanjutnya yaitu “skill”. Jangan lupa sertakan keahlian Anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda ingin melamar sebagai Engineer, maka cantumkan keahlian yang Anda miliki di bidang tersebut.


Nah, jika Anda ingin melamar bagian Copywriter, Anda dapat menyertakan keterampilan menulis dan keterampilan tata bahasa yang Anda kuasai.


Tetap Jujur Tentang Apa yang Anda Tulis


Apa yang Anda tulis di CV Anda adalah siapa Anda sebenarnya. Kejujuran adalah langkah awal yang baik dalam karir Anda. Anda tidak perlu menambahkan apa yang tidak Anda butuhkan.


Perlu diingat bahwa perekrut juga pasti tahu kandidat mana yang jujur ​​dan mana yang tidak.


Buat CV yang Ramah ATS


Nah, tips membuat CV untuk fresh graduate ini yang paling penting! Banyak fresh graduate yang hanya membuat CV tanpa memperhatikan apakah CV yang mereka buat ramah ATS atau tidak. Padahal, biasanya di website pencari kerja dibutuhkan CV yang ramah ATS. Sehingga CV Anda dapat lolos seleksi dan berkesempatan mengikuti wawancara.


Lalu, jika Anda melamar pekerjaan melalui email personal HR atau email perusahaan, pastikan Anda menuliskan body email lamaran kerja dengan benar, OK!

Contoh Lamaran Kerja/CV>>>>>



Posting Komentar untuk "Cara Membuat CV/Lamaran kerja"