Doa Ziarah Kubur Menjelang Bulan Suci Ramadhan

 Di bawah ini adalah bacaan doa tahlil singkat dalam bahasa latin yang dibaca saat ziarah liang lahat menjelang puasa ramadhan.



Ziarah kubur merupakan salah satu perayaan untuk menyambut bulan suci Ramadhan bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Tujuan berziarah kubur adalah untuk mengingat kematian dan meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Profesor Abdul Samad (UAS) menjelaskan dalam kuliahnya yang diunggah di YouTube salah satu hadits Nabi.

Dia menjelaskan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melarang haji ke kubur, karena niat banyak orang yang salah.

"Kenapa dulu diharamkan? Karena dulu orang bangga berziarah kubur, lalu bertanya siapa yang ada di kubur dan siapa yang bersedih sepanjang waktu, padahal mereka tidak diperbolehkan memperbaharui dukanya," jelas drone tersebut. sistem.

Kemudian UAS menjelaskan bahwa ketiga hal tersebut diganti dengan ziarah ke liang lahat untuk melunakkan hati.

Dan situs YouTube mengutip pejabat Profesor Abdul Samad (24/3/2022) “Kasus ziarah ke kubur melembutkan hatinya karena mengingat kematian.”

Hadits yang dirujuk oleh UAS adalah:

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Dulu aku melarang kamu berziarah kubur, maka berziarahlah kubur sekarang (karena itu mengingatkan kamu pada akhirat) (dan berziarah kubur adalah peningkatan kebaikan) (Barangsiapa ingin mengunjungi mereka kemudian mengunjungi mereka dan tidak berbicara dusta)” (R. Muslim, Abu Dawud, Al-Bayhaqi, Al-Nasa’i, dan Ahmad).

panduan sholat ziarah kubur

1. Ucapkan salam

Dikutip dari buku Panduan Perjalanan Religi Ziarah Wali Sanga, dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh umat Islam, Nasa'i dan Ahmad, yang terbaik adalah memberi salam saat haji ke kuburan.

Salam selama ziarah ke kuburan:

Assalaamu 'alaa ahlid diyaari minal mu'miniina wal muslimiina wa innaa insyaa Allahu lalaahiqqun. Nasalullaahu lanaa wa lakum 'aafiyah.

“Kesejahteraan atas penghuni rumah (kuburan) dan orang-orang yang beriman dan Muslim, semoga Allah memberkati orang-orang yang datang sebelum kami dan mereka yang datang setelah kami, dan kami, insya Allah, akan mengikuti mereka. Kami memohon kepada Allah melindungi kami. untuk kamu "

2. Duduk

3. Membaca Surat Al-Fatihah

Baca Al Fatihah tiga kali. Pertama kali disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW:

Di hadapan anak-anak manusia, orang-orang yang saleh akan memberkati Allah atas dia, dan memberkati dia, dan menaati perintah-perintahnya.

Ila hadrotin nabiyil musthofa muhammadin Shollallahu 'alaihi wasallam, wa alihi wa shohbihi syaiun lillahi lahumul fatihah..

Kemudian Surat Al Fatihah untuk guru, ulama:

لى انه الأنبياء المرسلين الأولياء الشهداء الصالحين الصحابة التابعين العلماء المصنفين الملائكة ال, ا ا القادر


Tsumma ila hadroti ikhwanihi mibal anbiyaai wal mursaliin wal awliyaai wasyuhadaai washoolihiina washohaabati wattabi'iina wal 'ulamaai wal mushonnifiina wa jamii'il malaaikatil muqarrabiin, khushushon sayyidina syech Allah abdul'

Fatihah ketiga untuk penggali kubur:

لى ل القبور المسلمين المسلمات المؤمنين المؤمنات ارق الارض لى اربها ا ا ا الا اا ال ادنا اا اا .


syamma ila jami'i ahlil kubur minal muslimiina wal muslimaati walmukminiina wal mukminaati min masyaariqil ardhi ila maghoo ribiha barriha wa bahriha, khushushon ilaa abaainaa wa ummahaatiba wa jdaadanaa wa haddaarina wa masyanaaikhona

4. Baca Surat al-Ikhlas tiga kali

Atas nama Tuhan, Maha Penyayang, Maha Penyayang. لْ اللهُ ا. اللهُ ال. لَمْ لِدْ لَمْ ل. لَمْ لَهُ ا ا

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam ylad, wa lam yakul lah kufuwan ahad (3X)

Laa ilaaha illallahu, Allahu Akbar

Artinya, “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Tuhan Mahakuasa."


5. Bacaan Surat Al Falaq

Atas nama Tuhan, Maha Penyayang, Maha Penyayang. لْ ا الْفَلَقِ. Ada apa, ada apa? اسِقٍ اا . النَّفَاثاتِ ال. اسِدٍ اا

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Qul a'uudzu birabil falaq. Minsyari maa khalaq. Waminsyarri ghaashiqin idzaa waqob. Waminsyarrinnaffaa saatifil uqad. Waminsyarril haasidzin idaa hasad.

Artinya, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: 'Aku berlindung kepada Tuhan yang mengatur waktu fajar jahat makhluk-Nya. Dari kejahatan malam saat gelap gulita. Dan tentang kejahatan para dukun yang meniupkan nafas mereka pada simpul-simpul itu. Dan kejahatan orang yang dengki ketika dengki.”

Tahlil dan Takbir

Tuhan bukan Tuhan dan Tuhan itu hebat

Laa ilaaha illallahu, Allahu Akbar

Artinya, “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Tuhan Mahakuasa."



Posting Komentar untuk "Doa Ziarah Kubur Menjelang Bulan Suci Ramadhan"