Arti dan Kandungan Kata Asmaul Husna

 

Arti dan Kandungan Kata Asmaul Husna

Arti dan Kandungan Kata Asmaul Husna


Asmaul husna artinya nama-nama Allah SWT terbaik lagi indah sesuai dengan sifat, bukan dzat-Nya. Asmaul husna berasal dari kata bahasa Arab yaitu 'asma' yang dalam bahasa Indonesia bermakna 'nama', sedangkan 'husna' bermakna 'baik'.


Dengan demikian, asmaul husna artinya tidak hanya mengacu pada nama-nama, melainkan juga mencakup sebutan, gelar, hingga sifat-sifat Allah SWT. Jumlah asmaul husna yang termasyhur ada 99, meski jumlah sebenarnya ada yang berpendapat 100, 200, 1000, bahkan tak terhitung


Kata al-asma dari asmaul husna artinya nama yang merupakan bentuk jamak, sementara al-isma adalah bentuk tunggalnya. Lalu, Al-husna dari asmaul husna artinya yang paling baik. Secara istilah, asmaul husna artinya nama-nama Allah SWT yang terbaik atau terindah.


Memahami asmaul husna artinya memahami sifat-sifat Allah SWT yang mulia, bukan zat-Nya. Berdasarkan arti asmaul husna, umat manusia hanya dibebankan taklif, sebatas menyucikan Allah SWT atas asma-asma Allah SWT.

Arti dan Kandungan Kata Asmaul Husna

Nama-nama mulia tersebut merupakan petunjuk bagi umat Islam untuk lebih dekat mengenal tuhannya. Allah SWT menjelaskan keagungan nama-nama-Nya lewat kandungan makna Asmaul Husna dalam Alquran surah Tha Haa ayat 8.

Arti dan Kandungan Kata Asmaul Husna

Selain sebagai contoh kebaikan, umat muslim juga bisa mengamalkan atau menyebut Asmaul Husna dalam setiap doa yang dipanjatkan. Menyebut Asmaul Husna juga bisa diterapkan dalam keseharian atau saat berkegiatan apa saja sebagai sikap senantiasa mengingat Allah

Posting Komentar untuk "Arti dan Kandungan Kata Asmaul Husna"