Cara Memperbaiki AC Mobil

Cara Memperbaiki AC Mobil 



Jika AC mobil Anda tidak mengeluarkan udara dingin, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tanda-tanda kebocoran atau kompresor AC yang tidak bekerja. Jika sistem A/C memerlukan perbaikan besar, Anda mungkin tidak memiliki peralatan yang diperlukan untuk melakukan perbaikan tersebut di rumah. Namun, jika refrigeran rendah, Anda dapat mengisi ulang menggunakan kit isi ulang yang dapat Anda beli di toko suku cadang mobil setempat.

Berikut 3 Cara Memperbaiki AC Mobil:

1.Mengidentifikasi Masalah

  • Nyalakan kendaraan dan nyalakan AC. Gunakan kunci untuk menyalakan mobil dan menyalakan AC. Rasakan udara yang keluar dari AC dan nilai seberapa hangat, sejuk, atau dinginnya. Jika udara hangat ke dingin, tetapi tidak dingin sebagaimana mestinya, mungkin ada masalah dengan aliran udara. Periksa apakah kipas pendingin pada radiator Anda bekerja. Jika tidak, mungkin ada masalah listrik.Anda mungkin perlu mengganti filter udara kabin di kendaraan Anda untuk meningkatkan aliran udara. Mengganti filter kabin juga dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap di dalam mobil.

  • Lihat apakah kompresor AC bekerja. Anda perlu memastikan kompresor AC bekerja untuk menentukan tindakan yang benar untuk melakukan perbaikan jika perlu. Cari AC di ruang mesin dan lihat apakah bagian tengah puli berputar bersama dengan puli itu sendiri.[3]Ada kopling yang aktif saat AC bekerja. Dengan kopling terpasang, bagian tengah puli akan berputar bersama dengan puli itu sendiri.Jika kopling tidak berfungsi, kompresor A/C mungkin rusak dan perlu diganti, atau mungkin hanya perlu diisi dengan refrigeran.

  • Periksa kabel yang mengarah ke kompresor A/C. Kebanyakan kompresor memiliki kabel yang mengarah ke kopling listrik. Temukan konektor di tengah kabel itu dan cabut. Ambil kabel yang panjang dan jalankan dari kabel kompresor ke terminal positif (+) baterai Anda. Jika Anda mendengar bunyi CLACK yang keras, berarti kopling elektrik berfungsi dengan baik. Jika tidak, itu perlu diganti.

Mengganti kompresor A/C Anda mungkin memerlukan alat khusus.

Bawa kendaraan Anda untuk diperbaiki jika kompresor atau kopling perlu diganti.

  • Cari kebocoran pada sistem pendingin udara. Anda dapat membeli kit pendeteksi kebocoran untuk membantu Anda mengidentifikasi kebocoran pada sistem pendingin udara Anda. Kit ini memberikan pewarna yang akan menembus garis dan merembes keluar dari kebocoran atau retakan, membuatnya terlihat dengan mata telanjang.[5]

Hubungkan kaleng pendeteksi kebocoran ke port servis sisi bawah dan semprotkan ke sistem pendingin udara.

Jika Anda menemukan kebocoran, Anda harus membawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki oleh seorang profesional.

Jika Anda tidak menemukan kebocoran, masalahnya mungkin hanya refrigeran rendah. 

2.Bersiap untuk Menambahkan Refrigeran 

  • Beli jenis refrigeran yang tepat untuk kendaraan Anda. Cara termudah untuk menentukan jenis refrigeran yang tepat untuk kendaraan Anda adalah dengan memeriksa tahun pembuatannya. Semua kendaraan yang dibangun setelah tahun 1995 menggunakan R134a. Jika kendaraan Anda lebih tua dari itu, kemungkinan menggunakan R12.[6]
Anda tidak dapat mengisi ulang refrigeran R12 sendiri.
Jika kendaraan Anda menggunakan R12, Anda harus menjadwalkan janji temu dengan spesialis perbaikan mobil untuk mengubahnya.

  •  Periksa termometer untuk suhu lingkungan. Untuk membaca pengukur pada refrigeran, Anda perlu mengetahui suhu saat ini di lingkungan Anda. Refrigeran menempati jumlah ruang yang berbeda di dalam kaleng dan sistem pendingin udara pada suhu yang berbeda, menyebabkan pengukur membaca secara berbeda pada waktu yang berbeda.[7]

Mengetahui suhu sekitar akan memungkinkan Anda membaca pengukur pada kaleng pendingin secara efektif.

Ketika refrigeran mengembang untuk mengambil lebih banyak ruang, itu meningkatkan tekanan di dalam kaleng.

3.Mengisi Refrigeran 

  • Putar katup sampai Anda menusuk segel pada kaleng. Putar katup di bagian atas kaleng refrigeran searah jarum jam hingga menembus bagian atas dan mulai melepaskan refrigeran melalui selang dan masuk ke sistem pendingin udara kendaraan.
Beberapa kaleng mungkin memerlukan metode berbeda untuk membuka segelnya. Lihat petunjuk pada kaleng untuk panduan jika perlu.

  •  Pegang kaleng dengan tegak. Saat Anda membiarkan zat pendingin masuk ke mesin kendaraan, jaga agar kaleng tetap tegak dan goyang sesekali. Jika Anda memutar kaleng ke samping, tekanan akan turun dan kaleng akan gagal mengisi ulang sistem.[13]

Mengocok kaleng sesekali akan membantu menjaga tekanan karena terus memaksa refrigeran masuk ke sistem.

Jangan membalikkan kaleng atau memegangnya secara terbalik kecuali diarahkan oleh petunjuk pada kaleng.


  • Cari kebocoran refrigeran. Awasi tanda-tanda kebocoran pada sistem pendingin udara saat Anda mengisi ulang. Jika Anda menemukan kebocoran, itu perlu diperbaiki oleh mekanik profesional. Catat lokasi kebocorannya agar lebih mudah ditemukan dan diatasi.
Kebocoran harus cukup mudah dikenali saat Anda mengisi ulang sistem.


  • Bawa kendaraan untuk diperbaiki jika perlu. Jika Anda melihat kebocoran atau kompresor AC gagal bekerja, Anda harus membawa kendaraan untuk diperbaiki. Mengganti kompresor A/C mungkin memerlukan alat khusus dalam aplikasi Anda, sehingga seringkali di luar jangkauan sebagian besar mekanik hobi.[16]

Berhati-hatilah dalam menangani kebocoran refrigeran karena suhunya bisa cukup dingin untuk melukai Anda.

 


Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki AC Mobil "