Cara menghemat kuota

Pekerja yang melakukan WFH dapat menggunakan internet melalui koneksi ponsel dengan memanfaatkan kuota. Namun, harus ada tips cerdas agar tidak boros kuota internet atau meledaknya tagihan internet seluler di akhir bulan.

Cara menghemat kuota

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak boros dalam menggunakan kuota internet di rumah.

Sumber gambar: freepik


1. Kencangkan Konsumsi Data

Tak sedikit dari pengguna ponsel yang sadar bahwa beberapa aplikasi bisa menyedot kuota internet. Misalnya, Anda mungkin tidak tahu bahwa terkadang aplikasi Google Foto akan menyinkronkan foto secara otomatis, yang akan ditampilkan di latar belakang ponsel Anda.


Begitu juga dengan aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram. Keduanya sering mengisi banyak data internet, terutama untuk membuka konten atau menonton video dari sana. Untuk itu, Anda bisa membatasi penggunaan media sosial per hari untuk menghemat kuota internet.


Caranya, buka menu Setting, lalu masuk ke Data Usage, kamu bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data, baik di latar depan maupun di latar belakang.


2. Manfaatkan layanan Wi-Fi

Layanan Wi-Fi seringkali menjadi pilihan ketika pengguna ponsel ingin menghemat kuota, alih-alih menggunakan hotspot yang terhubung dengan laptop justru akan menguras kuota bahkan daya ponsel.


Namun perlu diperhatikan juga bahwa jika menggunakan Wi-Fi harus memilih paket per bulan namun berdasarkan unlimited yang telah ditetapkan. Sehingga tagihan internet di akhir bulan tidak meningkat drastis.


3. Batasi Streaming Video

Kebosanan di tempat kerja atau waktu libur seringkali membuat kita menghabiskan waktu untuk menonton video di YouTube dan platform lainnya. Layanan streaming kini sudah sangat melimpah, sehingga Anda disuguhkan banyak pilihan yang cukup menggiurkan.


Sayangnya dengan menggunakan aplikasi ini kuota internet anda akan cepat habis. Tips, coba unduh konten favorit Anda menggunakan Wi-Fi dan simpan di penyimpanan di smartphone terlebih dahulu. Jika memori internal tidak mencukupi, gunakan microSD.


4. Jangan Terlalu Sering Main Game

Bermain game boleh saja, tapi masih dalam batas wajar. Selain bisa mengganggu pekerjaan kamu yang belum selesai, game online juga bisa menghabiskan kuota kamu. Untuk itu Anda harus menahan keinginan tersebut. Anda dapat menjadwalkan sendiri kapan waktunya untuk bermain game.


Selain itu, cara ampuh lainnya adalah Anda dapat menggunakan game yang tidak memerlukan akses internet selama bermain game.


5. Kompresi data di Chrome

Bahkan, hingga saat ini Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling populer. Jika kita jeli, Chrome memiliki fitur bawaan untuk mengurangi atau mengompresi kuota internet secara signifikan.


Saat kompresi data diaktifkan, transmisi data dan lalu lintas dirutekan melalui proxy dari Google. Kuota data Anda akan ditekan dan dioptimalkan sebelum dikirim ke perangkat atau laptop Anda. Akibatnya, ini akan menghemat kuota Anda dan meningkatkan kecepatan internet Anda.


Untuk melakukan ini, Anda perlu mengatur kompresi data di Chrome dengan masuk ke Pengaturan di aplikasi Google Chrome, lalu cari Penghematan Data atau Penghemat Data, lalu nyalakan.

Posting Komentar untuk "Cara menghemat kuota"