Subagio Sastrowardoyo Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan Kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966 dan 1967, sajaknya yang berjudul “Dan Kematian Makin Akrab” merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971, Subagio menerima Anugerh Seni untuk sajaknya “Daerah Perbatasan” ( 1970 ). Tahun 1991, Subgio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua ( 1990 ). Dalam buku Sastra Indonesia Modern II ( 1957 – 1989 ), Prof. Dr.Teeuw mengatakan , “Subagio adalah cendikiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga dari tulisan-tulisan kritiknya.” Bahkan, lebih lanjut ahli satra itu menyatakan, ” Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya”. Hal yang perlu diteladani dari tokoh Subagio Sastrowardoyo adalah . . . .

 Bacalah dengan seksama biografi berikut!




Subagio Sastrowardoyo

Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan Kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966 dan 1967, sajaknya yang berjudul “Dan Kematian Makin Akrab” merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971, Subagio menerima Anugerh Seni untuk sajaknya “Daerah Perbatasan” ( 1970 ). Tahun 1991, Subgio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua ( 1990 ).

Dalam buku Sastra Indonesia Modern II ( 1957 – 1989 ), Prof. Dr.Teeuw mengatakan , “Subagio adalah cendikiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga dari tulisan-tulisan kritiknya.” Bahkan, lebih lanjut ahli satra itu menyatakan, ” Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya”.

Hal yang perlu diteladani dari tokoh Subagio Sastrowardoyo adalah . . . .

A
Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia.

B
Subagio adalah cendekiawan yang bacaannya sangat luas.

C
Sajak dan kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan.

D
Lewat karyanya, ia mengharumkan nama bangsa dan negara.

E
Subagio sangat disegani di kalangan sastrawan.

Jawaban: D. Lewat karyanya, ia mengharumkan nama bangsa dan negara.

Kesimpulan: Berdasarkan pertanyaan dari Soal Di atas

kami menyimpulkan bahwa jawaban dari soal tersebut adalah D. Lewat karyanya, ia mengharumkan nama bangsa dan negara.

Jawaban berdasarkan diskusi tim kamussakti,


Jika kalian ada pertanyaan atau masukan silahkan tulis di kolom komentar, terimaksih.

Posting Komentar untuk "Subagio Sastrowardoyo Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan Kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966 dan 1967, sajaknya yang berjudul “Dan Kematian Makin Akrab” merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971, Subagio menerima Anugerh Seni untuk sajaknya “Daerah Perbatasan” ( 1970 ). Tahun 1991, Subgio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua ( 1990 ). Dalam buku Sastra Indonesia Modern II ( 1957 – 1989 ), Prof. Dr.Teeuw mengatakan , “Subagio adalah cendikiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga dari tulisan-tulisan kritiknya.” Bahkan, lebih lanjut ahli satra itu menyatakan, ” Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya”. Hal yang perlu diteladani dari tokoh Subagio Sastrowardoyo adalah . . . ."