Sunah Rasul Pada Malam Jum'at

Sunah Rasul Pada Malam Jum'at



1. Berhubungan intim

Sebagian ulama berpendapat bahwa seks adalah salah satu kegiatan pada malam jumat.

Hal ini sangat relevan karena dalam hadits tersebut terdapat sebuah riwayat yang menunjukkan bahwa hubungan intim merupakan sunnah Nabi pada malam Jum'at.

Abu Nashar Muhammad bin Abdurrahman al-Hamadani mengutip sebuah kisah yang menyebutkan pernikahan para nabi pada hari Jumat.

“Sahabat Anas bin Malik RA meriwayatkan dengan sanad yang disebutkan dalam bab pertama, dia mengatakan bahwa Rasulullah ditanya tentang hari Jumat. Nabi menjawab: (Jumat) adalah hari hubungan dan pernikahan. Para sahabat bertanya.” : Bagaimana ya Rasulullah? Nabi Muhammad menjawab: Para nabi biasa menikah pada hari ini.” (Abu Nashar Muhammad bin Abdurrahman Al-Hamadani, As-Sab'iyyat fi Mawa'izhil Bariyyat on hamsy Al-Majalisus Saniyyah).


 2. Sholat Tahajud

Sholat Tahajud merupakan salah satu amalan yang keutamaannya adalah berkah dan rahmat dari Allah.

Sebagaimana dijelaskan dalam Surah Al Isra ayat 79, Allah akan mengangkat orang yang melakukan tahajud ke tempat yang terpuji.

“Dan pada beberapa malam jadikanlah shalat tahajud sebagai salah satu bentuk ibadah alternatif bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra: 79).


3. Perbanyak Sholawat

Dijelaskan dalam kitab Fadhilah Shalawat karya Mubarak bin Mahfudh Bamu'allim, Allah menganjurkan umat-Nya untuk shalat.

Memperbanyak sholawat memiliki banyak keutamaan bagi yang mengamalkannya.

Hadits yang diriwayatkan oleh Al Bazzar dan Ath Tahbrani juga menjelaskan tentang doa orang yang shalat.

"Barangsiapa yang mengucapkan: 'Ya Allah, doakan Muhammad dan tempatkan dia di kursi dekat Anda pada Hari Kebangkitan,' pasti syafaat saya akan wajib baginya." (H.R.Al Bazzar dan Ath Thabrani).



Posting Komentar untuk "Sunah Rasul Pada Malam Jum'at"