Bagian dan Penjelasan Alamat IP

Bagian dan Penjelasan Alamat IP



Alamat IP adalah nomor unik yang diberikan ke komputer yang terhubung ke internet. Bagian pertama dari alamat mendefinisikan ID jaringannya, diikuti oleh ID hostnya. Bagian kedua dari alamat IP menjelaskan kelas jaringan yang terhubung dengan perangkat. Alamat IP yang terhubung ke jaringan Kelas A kemungkinan akan diberi ID jaringan Kelas A, sementara yang terhubung ke jaringan Kelas B akan diberi alamat Kelas B.


Alamat IP tidak dihasilkan secara acak, melainkan dihasilkan secara matematis dan ditetapkan ke perangkat tertentu. Alamat ini ditetapkan ke setiap perangkat di jaringan oleh organisasi yang disebut IANA. ICANN, yang dibentuk pada tahun 1998, adalah organisasi nirlaba yang membantu menjaga keamanan dan kegunaan Internet. Organisasi ini didanai oleh pendaftar nama domain. Dengan memahami bagaimana alamat IP dialokasikan dan ditampilkan, Anda akan lebih siap untuk memecahkan masalah jaringan.


Sampai tahun 1995, sistem penomoran Internet Protocol (IP) didasarkan pada kode numerik 32-bit. Saat ini, struktur penomoran didasarkan pada IP generasi terbaru, IPv6. Alamat IPv6 menggunakan kode heksadesimal 128-bit. Mereka dapat berisi kombinasi huruf atau angka apa pun, dipisahkan oleh titik dua. Ada beberapa konvensi untuk mengkodekan alamat IPv6, termasuk yang memungkinkan singkatan nomor IPv6.

Posting Komentar untuk "Bagian dan Penjelasan Alamat IP"