Cara Mendaftar Beasiswa S1 di Malaysia

Cara Mendaftar Beasiswa S1 di Malaysia



Jika Anda memiliki ambisi untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia, Anda dapat mengajukan beasiswa S1. Anda dapat mengajukan permohonan beasiswa ini di bidang apa pun. Namun, Anda harus memenuhi persyaratan tertentu dan setuju untuk kembali ke Malaysia setelah menyelesaikan program. Berikut adalah persyaratan untuk mendaftar ke Program Beasiswa Pemerintah Malaysia pada tahun 2023. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk mendapatkan peluang yang lebih baik untuk disetujui. Lagi pula, melamar lebih mudah dari yang Anda kira.


Aplikasi

Salah satu cara mendapatkan beasiswa di Malaysia adalah dengan mengajukan Beasiswa Fulbright. Jenis beasiswa ini diberikan kepada warga negara Malaysia yang menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa di sekolah menengah. Anda harus memiliki setidaknya tujuh A dalam ujian SPM untuk dipertimbangkan untuk beasiswa ini. Anda juga harus memiliki keterampilan kepemimpinan, komunikasi, dan interpersonal yang luar biasa, serta rekam jejak yang baik dalam kegiatan ekstrakurikuler. Beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah AS dalam kemitraan dengan 160 negara, dan jumlah uang yang dapat Anda terima ditentukan oleh jumlah dana yang tersedia untuk program tersebut.


Anda dapat mengajukan permohonan beasiswa sekali setiap tahun untuk mendapatkan dana untuk studi sarjana Anda. Beasiswa ini terbuka untuk warga negara Malaysia yang membutuhkan bantuan keuangan. Namun, Anda harus sudah memulai studi sarjana Anda sebelum mendaftar. Aplikasi Anda hanya akan ditinjau jika Anda memenuhi kriteria kelayakan untuk beasiswa, termasuk bidang studi Anda dan daftar perguruan tinggi yang disetujui. Dengan cara ini, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mendapatkan pendidikan terbaik di Malaysia sambil mengejar gelar Anda.


Persyaratan

Agar memenuhi syarat untuk beasiswa S1 di Malaysia, pelamar harus telah menyelesaikan SPM/O-Level 8 dengan nilai A+ atau A. Mereka juga harus belajar Bahasa Inggris, Matematika, Sejarah dan Sejarah di pesantren-pesantren tertentu. Persyaratan Pathway to Study Abroad berbeda untuk setiap beasiswa, tetapi umumnya serupa. Selain itu, Anda harus telah menjadi warga negara Malaysia atau Bumiputera Malaysia selama dua tahun terakhir.


Kementerian Pendidikan Malaysia bertujuan untuk mengembangkan generasi sarjana dan ilmuwan berikutnya dalam ilmu alam. Untuk alasan ini, ia menawarkan sejumlah beasiswa untuk para siswa ini. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya terkait visa, selama penerima setuju untuk kembali ke Malaysia setelah menyelesaikan studi mereka. Beasiswa tidak tersedia untuk siswa yang disponsori, atau untuk siswa yang mengejar sertifikat pascasarjana di bidang pendidikan, kedokteran klinis, dan kedokteran gigi.


Tenggat waktu aplikasi

Jika Anda ingin belajar di Malaysia dan ingin mendapatkan beasiswa yang didanai penuh, Anda dapat mendaftar untuk Beasiswa S1. Program ini disponsori oleh pemerintah dan terbuka untuk siswa internasional. Batas waktu melamar adalah 31 Juli 2022. Namun, jika Anda ingin belajar di Malaysia, batas waktu untuk Beasiswa S1 adalah setahun lebih awal. Ada dua cara untuk mengajukan beasiswa ini.


Yang pertama adalah melalui Al Bukhary Institute. Mereka menawarkan beasiswa kepada siswa internasional dan nasional untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan sosial mereka. Program ini diadakan di arsitektur terindah di Malaysia dan memungkinkan Anda untuk belajar dalam suasana sosial yang lazim. Atau, Universitas Monash memiliki program beasiswa khusus untuk siswa Malaysia. Program beasiswa ini akan memungkinkan Anda untuk menyelesaikan studi Anda tanpa tekanan keuangan atau kerumitan.


Persyaratan untuk mendaftar ke Program Beasiswa Pemerintah Malaysia untuk 2023

CGPA minimum untuk pelamar gelar Sarjana adalah 3,5, sedangkan mereka yang ingin melanjutkan studi PhD harus mendapatkan 3,5 CGPA. Pelamar juga harus menyerahkan salinan tes bahasa Inggris yang diverifikasi. Mereka yang tidak dapat menunjukkan kefasihan dalam bahasa Inggris masih dapat mendaftar jika mereka memiliki skor ACT yang baik dan dapat menulis proposal studi setidaknya 1.000 kata di bidang studi.


Semua aplikasi harus diajukan secara online, dan siswa dapat menemukan detail portal di iklan resmi. Mereka harus membaca panduan dengan cermat dan mengikuti instruksi sesuai petunjuk. Proses aplikasi memakan waktu sekitar 3 minggu dan batas waktu pengiriman adalah akhir April 2023. Namun, perlu disebutkan bahwa pelamar harus mendaftar secara online untuk beasiswa paling lambat 1 Februari 2023. Ada beberapa langkah berbeda yang perlu untuk diambil.

Posting Komentar untuk "Cara Mendaftar Beasiswa S1 di Malaysia"