Apa itu Fingerprinting Browser?

Apa itu Fingerprinting Browser?

Sumber Gambar: Freepik


Fingerprinting browser adalah metode untuk melacak perilaku pengguna secara diam-diam. Ini menggunakan kode JavaScript untuk menangkap berbagai informasi perangkat keras dan perangkat lunak, menetapkan ID setiap perangkat. Namun, ini bukan ilmu pasti, dan perangkat pengguna mungkin tidak cocok dengan Fingerprinting yang telah dibuat. Fingerprinting browser dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk mengaudit perlindungan online atau mendeteksi perilaku yang mencurigakan. Namun, teknik ini terbatas dalam presisi dan dapat menyebabkan asumsi yang salah.

Fingerprinting browser mirip dengan Fingerprinting fisik. Setiap orang memiliki Fingerprinting yang unik, termasuk kembar identik. Informasi yang dikumpulkan oleh teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk melacak kebiasaan browsing pengguna individu dan membuat profil yang dipersonalisasi. Namun, Fingerprinting browser berbeda dari cookie web tradisional, karena pemilik situs web menambahkan JavaScript ke situs web, bukan perangkat lunaknya. Informasi ini dapat digunakan untuk melacak kebiasaan browsing pengunjung atau untuk menargetkan iklan untuk mereka. Fingerprinting browser menjadi perhatian yang berkembang untuk privasi dan keamanan, tetapi manfaatnya luar biasa.

Fingerprinting browser mirip dengan teknologi Fingerprinting yang digunakan oleh penyidik ​​TKP. Teknik ini mendeteksi ratusan titik data tentang browser pengguna yang dapat digunakan untuk membuat ID pengguna individu. Fingerprinting kanvas sangat berguna untuk situs web HTML5, yang berisi elemen kode yang disebut kanvas. Fingerprinting kanvas juga dapat mengumpulkan data tentang ukuran font dan warna latar belakang halaman web yang aktif. Dikombinasikan dengan cookie, data ini membantu membuat ID pengguna individual. Metode lain, seperti JavaScript, juga dapat mengembalikan informasi yang berguna, termasuk bahasa lokal perangkat, pengaturan kecerahan layar, dan alamat MAC.

Kemampuan Fingerprinting browser

Kemampuan untuk melacak aktivitas online pengguna jauh lebih maju daripada yang dibayangkan orang. Fingerprinting browser dapat membantu perusahaan mengidentifikasi aktivitas penipuan dan membuat iklan lebih bertarget kepada audiens target mereka. Selain itu, lebih mudah untuk melakukan pelacakan situs web daripada yang Anda kira. Dan bukan hanya situs web yang melacak pengguna; ada jutaan perusahaan lain yang mengumpulkan dan menganalisis data dari internet setiap hari. Ada satu alat yang telah mengumpulkan lebih dari 1,7 juta Fingerprinting browser web.

Firefox

Firefox, peramban populer yang berfokus pada privasi, memiliki pemblokir Fingerprinting baru. Mengaktifkan pemblokir Fingerprinting mudah dilakukan. Arahkan ke halaman pengaturan, lalu pilih tab Privasi & Keamanan. Ini akan memblokir Fingerprinting yang dibuat oleh Firefox. Studi Fingerprinting Firefox telah menunjukkan bahwa Fingerprinting browser adalah metode yang akurat untuk mengidentifikasi pengguna unik. Dalam sebuah studi baru-baru ini, ditemukan bahwa 99,2% Fingerprinting dapat mengidentifikasi perangkat pengguna dari jutaan yang dihasilkan oleh pengguna lain.

Cara umum untuk menghentikan Fingerprinting

Cara umum untuk menghentikan Fingerprinting adalah dengan tetap menggunakan penyamaran browser Anda. Namun, Anda mungkin tidak ingin melakukannya, dan metode ini bisa membuat frustrasi. Banyak orang telah memilih keluar dari Fingerprinting menggunakan fitur "penjelajahan pribadi" di browser mereka. Fingerprinting browser dilakukan oleh skrip yang tidak dapat dibedakan dari skrip lain yang diperlukan agar situs web berfungsi. Anda dapat memilih keluar dari Fingerprinting dengan memblokir skrip javascript.

Posting Komentar untuk "Apa itu Fingerprinting Browser?"