Apa yang dimaksud dengan Adalah

Apa yang dimaksud dengan Adalah



Yang dimaksud dengan ADALAH menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI sebagai berikut:

  1. Sesuatu yang identik dengan hal lain.
  2. Sesuatu yang sama maknanya dengan sesuatu yang lain.
  3. Sesuatu yang mencakup ke dalam kelompok ataupun suatu golongan.
  4. Menurut KBBI, kata adalah ini termasuk kata kerja sehingga dikelompokkan sebagai Verba dengan kode kategorisasi dalam kamus adalah V.

» Pembahasan

Kata adalah dalam kaidah kebahasaan Indonesia termasuk ke dalam kelompok kata KONJUNGSI. Konjungsi dimaknai sebagai kata sambung, yakni kata yang menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa atau kalimat satu dengan kalimat lainnya. Konjungsi bisa disebut pula sebagai kata tang tugasnya sebagai penghubung dua satuan bahasa yang kedudukannya sederajat. Konjungsi ada beragam macamnya, berikut sedikit di antaranya:

  • KONJUNGSI KOORDINATIF, artinya adalah kata sambung yang berperan dalam menghubungkan 2 unsur ataupun lebih di mana kedudukannya sama penting (status sintaksisnya sama). Contoh konjungsi koordinatif ini antara lain dan, tetapi, atau.
  • KONJUNGSI KORELATIF, merupakan kata sambung yang yang berperan menghubungkan 2 unsur bahasa yang status sintaksisnya setara atau sama, contoh tetapi juga, jangankan, entah, sehingga dan lain-lain.
  • KONJUNGSI SETARA, yakni salah satu konjungsi yang tak muncul pada akhir kalimat dan tak sellau pula diikuti nomina. Contoh konjungsi ini antara lain SAJA, ADALAH, IALAH, TANPA, SEPERTI dan lain-lain.

Dijawab oleh Admin kamussakti,
Jika kalian ada pertanyaan atau masukan silahkan tulis di kolom komentar, terimaksih.

Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan Adalah"